Selasa, 15 Oktober 2019

SAH Dijuluki Legislator Peduli Pustaka, Bawa Program Buku Komunitas Ke Jambi

Sabtu, 23 September 2017 - 11:46:53
SUTAN ADIL HENDRA

SUTAN ADIL HENDRA

 

JAMBI- Kepedulian Pimpinan Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra (SAH) terhadap dunia pendidikan ditunjukkan dengan membawa program buku komunitas untuk Provinsi Jambi. Program ini merupakan  bantuan buku dari perpustakaan nasional untuk memperkuat budaya membaca dikalangan komunitas masyarakat.

Pernyataan ini di sampaikan anggota Fraksi Partai Gerindra DPR tersebut ketika menyerahkan bantuan buku bacaan di RT 49 kelurahan Kenali Asam Bawah Kotabaru, Kota Jambi, Rabu (20/9) kemarin.

"Program buku komunitas memiliki maksud mendekatkan akses masyarakat terhadap buku bacaan. Bantuan ini bisa di akses oleh semua komunitas social, baik itu organisasi, lembaga pendidikan, paguyuban maupun lingkungan yang memiliki ruang pustaka," ujarnya.

SAH menyebutkan, Provinsi Jambi sendiri termasuk daerah yang mendapat banyak bantuan buku komunitas dari Perpusnas. Dintaranya bantuan itu diberikan kepada Pesantren Dzulhijah, Paguyuban HKK, Pustaka Desa hingga lingkungan terkecil masyarakat seperti rukun tetangga (RT).

Melihat keberhasilan ini pemerhati buku Jambi, Hj. Sri Budiarti, SE menilai semua itu merupakan buah usaha perjuangan SAH di Komisi X DPR RI. "Selama ini harus diakui ada jarak antara pustaka dan masyarakat, pustaka di pandang hanya untuk orang kuliahan dan pelajar.  Kondisi ini menjadi salah satu penyebab rendahnya minat baca masyarakat," tegasnya.

Sri Budiarti bersyukurlah permasalah ini di jawab oleh SAH dengan program buku komunitas. Sehingga siapa saja dan dari kelompok mana saja bisa mengakses buku secara cepat, tepat dan berkualitas.

“Buku ini bisa di dapat dimana saja, insya allah cara pandang masyarakat terhadap pustaka akan berubah. Dari semula tempat menyimpan buku menjadi sarana rekreasi dan hiburan kedepan berubah,” jelasnya.

Menurutnya program buku komunitas membuat SAH pantas dijuluki sebagai legislator peduli pustaka. Karena membuat Jambi kaya akan berbagai pustaka komunitas dan pustaka desa.

"SAH dengan komitmennya pantas untuk disebut legislator peduli pustaka karena hanya dia anggota DPR RI yang memenuhi komunitas - komunitas sosial di Jambi dengan buku bacaan," pungkasnya.

(aiz)