Selasa, 26 Mei 2020

Puluhan Pejabat Batanghari Dites Urine

Rabu, 02 Januari 2019 - 16:45:08

MUARABULIAN - Tercatat 81 orang Pejabat dalam Lingkup Pemerintahan kabupaten Batanghari secara mendadak di tes urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK).
 
Tes urine pejabat ini bergabung dengan Satres Narkoba Polres Batanghari di ruang pola Kantor Baupati Batanghari pada senin (31/12).
 
Pejabat Pemkab Batanghari yang di tes urine diantaranya Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bidang, Camat dan Kepala Desa.  
 
Dilaksanakannya tes urine tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari inpres presiden nomor 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional dalam rangka pencegahan narkotika.
 
Dimulai sekira pukul 09.30 wib, pejabat yang tengah mengikuti rapat evaluasi program kegiatan anggaran tahun 2018 dan percepatan pelaksanaan program kegiatan tahun anggaran 2019 secara bergantian melakukan tes urine. Dari hasil sementara yang terlihat pada alat tes urine, 13 orang pejabat urine terindikasi positif mengandung benzo.
 
Benzo tersebut merupakan turunan obat-obatan, dari hasil klarifikasi ada yang memakan obat asam urat dan ada yang meminum kopi duren.
 
Sementara itu, Bupati Batanghari, ir.H.Syahirsah,Sy mendukung sepenuhnya terkait tes urine yang dilakukan oleh BNNK. Ia mengatakan, jika terdapat pejabat yang terbukti positif mengkonsumsi narkoba maka akan diberikan sanksi tegas.
 
“Jika ada yang terbukti positif mengkonsumsi narkoba, pejabat yang bersangkutan akan di non aktifkan dari jabatannya,”  tegas Bupati.
Penulis: Raden Deni
Editor: Chairudin