Jumat, 19 April 2024

54 Calon Peserta MTQ Tidak Lolos Seleksi

Rabu, 23 Januari 2019 - 15:27:22
Ilustrasi

Ilustrasi

MUARABULIAN – Belum lama ini pemerintah kabupaten Batanghari melalui tim seleksi kabupaten melakukan seleksi terhadap 128 orang calon peserta kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) asal Batanghari untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jambi yang akan dilaksanakan di kabupaten Muaro Bungo tahun ini.

Dari 128 calon peserta kafilah MTQ yang diseleksi tersebut, 54 orang diantaranya dinyatakan tidak lolos. Sehingga 74 orang lainnya akan menjadi perwakilan terbaik asal kabupaten Batanghari guna meraih prestasi dalam persaingan bersama 11 kabupaten/kota dalam provinsi Jambi di sejumlah cabang yang diperlombakan nantinya.

Kabag Kesos Setda Batanghari, Syukri, mengatakan, terkait persiapan untuk MTQ ke 49 tingkat provinsi Jambi di Muaro Bungo tahun 2019, pemerintah kabupaten Batanghari melalui tim seleksi terdiri dari dewan hakim yang dibentuk, dengan jumlah 22 orang anggota, terdiri 18 orang dari kabupaten dan 4 orang dari provinsi, telah melakukan seleksi terhadap 128 orang calon kafilah yang akan menjadi wakil Batanghari untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi ke 49 di kabupaten Muaro Bungo tahun ini. Dari 128 orang tersebut, hanya 74 orang yang diambil dan akan mewakili Batanghari nantinya.

“ Meraka diseleksi pada tanggal 18-21 Januari 2019 di kampus STIE Muarabulian. Dimana ada 128 orang yang diseleksi, dari jumlah itu 74 orang yang dinyatakan lolos seleksi,” kata Syukri pada Rabu (23/1/2019).

Dikatakannya, peserta seleksi calon kafilah MTQ itu diambil dari peserta potensial dan juara MTQ tingkat kabupaten tahun 2018 lalu.

Menurutnya, jumlah peserta kafilah MTQ yang akan mewakili Batanghari tahun ini meningkat dari tahun lalu. Karena ada tambahan 3 cabang baru, yaitu qiroat mujjawat remaja, qiroat murottal dewasa dan qiroat murottal remaja.

Lanjut dikatakan Syukri, 74 peserta kafilah yang lolos seleksi ini pada akhir Februari atau awal Maret akan dilakukan proses Training Center lebih kurang selama 8 kali. Dan jika pada TC nanti terdapat salah satu dari 74 peserta yang dinilai belum layak untuk menjadi wakil Batanghari, tidak menutup kemungkinan yang bersangkutan akan diganti dengan peserta yang lain.

“ Berdasarkan TC itu nantila yang menjadi penentu peserta yang akan diutus menjadi wakil Batanghari nantinya,” pungkasnya.(*)

 

Penulis: Mon
Editor: Raden Denni