Kamis, 28 Maret 2024

Terlantar, Belasan Anak Jalanan Dipulangkan ke Daerah Asal

Minggu, 27 Januari 2019 - 13:25:07
Ilustrasi..

Ilustrasi..


MUARABULIAN – Belasan anak jalanan atau orang terlantar dipulangkan ke daerah asal mereka oleh Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Batanghari. Anak jalanan yang dipulangkan itu, merupakan dari hasil razia beberapa waktu lalu. Pemulangan anak jalanan ini merupakan upaya penting dalam rangka menyadarkan agar mereka tak lagi turun ke jalan-jalan dan membuat resah masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Batanghari, Fauzan Ashari melalui Srimarta Puriana, Kabid Pemberdayaan dan Rehabilitasi Sosial, Batanghari kepada media baru-baru ini mengatakan, anak jalanan yang dipulangkan ini berjumlah 14 orang. Anaka jalanan ini dipulangkan ke keluarga mereka masing-masing. Mereka merupakan hasil giat selama 2018,” sebutnya.

Dijelaskannya, sebelum dipulangkan, terlebih dahulu mereka didata dan diberi nasehat agar tidak kembali lagi. Para anak jalanan ini berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, sehingga penanganannya pun beragam.

“ Mereka dikembalikan ke pihak keluarga. Kebanyakan mereka disebabkan tidak dapat perhatian keluarga,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemulangan anak jalanan ini termasuk dalam penanganan sosial yang harus ditangani. Khusus anak jalanan dan orang terlantar atau dalam istilah gepeng ini, pada umumnya berasal dari luar Batanghari.

Selain orang terlantar, dinas Sosial juga mengurus penemuan mayat orang terlantar dan merehabilitasi 2 orang dengan gangguan jiwa,” tutupnya.(*)

 

 

Penulis: Mon
Editor: Raden Denni