Sabtu, 20 April 2024

PGE Hentikan Aktivitas di Kerinci

Rabu, 20 Februari 2019 - 17:00:44

KERINCI - Sudah sekian melaksanakan aktivitas di Lempur, Kecamatan Gunung Raya dan Talang Kemuning, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) belum juga beroperasi. Kondisi ini mengakibatkan masyarakat mempertanyakan kejadian tersebut, pasalnya belum lama ini PT PGE sudah membawa peralatan untuk eksplorasi keluar dari Kabupaten Kerinci.

"Iya alat - alat sudah lama dibawa pergi dari Lempur dan Talang Kemuning, namun sampai saat ini belum jelas kapan akan beroperasi dan sudah sampai ketahap mana," ungkap Dito salah seorang warga Gunung Raya.

Sementara itu, Humas PT PGE, Anshori mengakui beberapa waktu yang lalu pihaknya telah mengangkut alat - alat keluar Kabupaten Kerinci. Dia mengatakan saat ini memang tidak ada aktivitas lagi disana dalam arti tidak melakukan pengeboran dan sebagainya. "Aktivitas disana kita hentikan dulu, karena kita masih melakukan pengkajian terlebih dahulu," sebutnya.

Disebutkan Ansori, pihaknya tetap berusaha untuk mendapatkan hasil yang terbaik, meskipun potensi itu ada didalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

"Kita tidak berani masuk kedalam TNKS begitu saja disana. Makanya kita lakukan pengkajian terlebih dahulu, jika masuk ke TNKS seperti apa dan tidak masuk seperti apa, mudah-mudahan tahun ini dapat keputusannya," jelasnya.

Ditanya, hasil yang telah didapatkan setelah melakukan pengeboran, Ansori mengatakan untuk uap di beberapa klaster telah ditemukan, namun belum sesuai harapan (masih kecil). "Target daya yang telah ditetapkan 50 mega watt, tapi daya uap yang kita temukan sangat jauh sekali dengan target," jelasnya.

 

Penulis: Oky
Editor: Chairudin