Selasa, 26 Mei 2020

Lembaga Adat Batanghari Study Tiru ke Lembaga Adat Sungai Penuh

Rabu, 27 Februari 2019 - 14:28:53
Suasana pertemuan Lembaga Adat Batanghari dengan Lembaga Adat Sungai Penuh kemarin..

Suasana pertemuan Lembaga Adat Batanghari dengan Lembaga Adat Sungai Penuh kemarin..

MUARABULIAN - Lembaga Adat (LA) kabupaten Batanghari melakukan Study Tiru ke Lembaga Adat Kota Sungai Penuh, Senin (25/2/2019).

Study Tiru itu tidak lain guna mempelajari kegiatan Kenduri Sko dan Pelantikan Depati Ninik Mamak ke Lembaga Adat Kota Sungai Penuh dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi

Kedatangan Lembaga Adat kabupaten Batanghari Langsung di sambut dengan ramah oleh Lembaga Adat Kota Sungai Penuh di Kantor Wali Kota Sungai Penuh.
Wali Kota Sungai Penuh yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian Kota Sungai Penuh, Abdul Gafar,Spd dalam sambutannya mengatakan, sejarah kebudayaan di Kota Sungai Penuh tidak bisa di lepas dari kebudayaan Kerinci. Karena Kota Sungai Penuh merupakan bagian dari wilayah Kerinci sebelum dimekarkan pada November 2008. Kenduri Sko merupakan sebuah rangkaian acara adat pengukuhan gelar suku atau kepala adat. Upacara ini selalu diiringi dengan upacara kenduri pusaka, yaitu upacara membersihkan benda pusaka peninggalan nenek moyang.

Upacara Kenduri Sko sendiri, adalah sebuah rangkaian acara adat dalam menentukan kepala adat. Kata Kenduri berarti selamatan dan Sko bermakna perbuatan atau peraturan yang berlaku turun temurun.

Depati dan Ninik Mamak adalah tingkatan tertinggi pada struktur lapisan sosial masyarakat suku kerinci. Kenduri Sko merupakan acara adat yang dilakukan untuk mengukuhkan gelar Sko pada Depati atau Ninik Mamak yang telah dipilih oleh anak jantan yang memenuhi syarat,” bebernya.

Diakhir sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pengurus Lembaga Adat Bumi Serentak Bak Regam kabupaten Batanghari dan pemerintah kabupaten Batanghari yang telah sudi datang ke Kota Sungai Penuh dalam Rangka Study Tiru untuk mempelajari kegiatan Kenduri Sko dan Pelantikan Ninik Mamak dalam Wilayah Adat Kota Sungai Penuh

Acara di lanjudkan dengan Pemberian Cindra Mata Antara Lembaga Adat Kabupaten Batang Hari Ke pada lembaga Adat Kota Sungai Penuh dan Cindra Mata dari Lembaga Adat Kota Sungai Penuh Ke pada Lembaga Adat Kabupaten Batang Hari. Setelah pemberian cindra mata acara di lanjudkan dengan pemberian materi dari Lembaga Adat Kota Sungai Penuh dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sungai Penuh dan dilanjudkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Diketahui Lembaga Adat Batanghari yang di ketuai oleh Datuk Drs.HM.Yusuf Majid,MM beserta Anggota Pengurus Lembaga Adat Batanghari dan di dampingi oleh Dinas Kominfo Batanghari, Kepala Bagian Kesra Setda kabupaten Batanghari.(ist/mon)

 

Penulis: Mon/istimewa
Editor: Raden Denni