Jumat, 6 Desember 2019

Sekolah Akan Dapat Tambahan BOS, Ini Syaratnya

Rabu, 27 Februari 2019 - 16:04:55
Ilustrasi

Ilustrasi

MUARABULIAN - Pada tahun 2019 ini kementrian pendidikan pusat akan memberikan tambahan Dana BOS Kinerja dan Afirmasi bagi sekolah. Tambahan BOS ini akan didapat sekolah yang lansung dinilai kemendikud.

" Pada 2019 ini pemerintah pusat akan memberikan tambahan dana bagi sekolah, yang dinamakan BOS Kinerja dan BOS Afirmasi," ujar Kabid Dikdas dinas PdK Batanghari Zulfadli,M.Pd diruang kerjanya Rabu (27/02) kemarin.

Ia menjelaskan, yang dimaksud tambahan BOS Kinerja ini yakni tambahan BOS kepada SD dan SMP yang memilki laporan kerja sekolah maupun pada Dapodik sekolah masing-masing. Nantinya secara online dapodik akan dinilai oleh kemendikbud lansung. Sedangkan untuk BOS Afirmasi yaitu tambahan dana BOS kepada sekolah tertinggal yang juga merupakan penunjukan dari kemendikbud.

" Jadi semuanya akan di nilai lansung oleh kemendikbud, sekolah mana saja yang akan dapat tambahan dana BOS itu," imbuh Kabid.

Dipaparkannya, Dana BOS tambahan ini jumlahnya berbeda-beda,berkemungkinan seperti tambahan BOS Kinerja untuk tingkat SD akan ditambah persekolah 200 ribu persiswa dan tingkat SMP 250 ribu persiswa. Sedangkan untuk BOS Afirmasi SD pemerintah akan merencanakan tambahan satu sekolah empat puluh juga.

BOS Afirmasi diberikan untuk sekolah di daerah khusus, yakni daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), yang memang perlu perhatian khusus dalam mengatasi kesenjangan mutu pendidikan. Di daerah 3T.  “ Kalau indicator sekolah tertinggal kita ada satu sekolah yakni sekolah di Desa Batu Sawar,” cetus Zulfadli.

Dalam waktu dekat dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batanghari akan mensosialisasikan hal ini kepada sekolah. Semua sekolah akan berkesempatan jika kinerja sekolah jadi yang terbaik dalam penilaian kementrian pusat.

 

 

Penulis: Kms Khairudin
Editor: Chairudin