Jumat, 6 Desember 2019

247 Siswa SMAN 2 Batanghari Siap Jalani UNBK  

Kamis, 28 Maret 2019 - 21:17:52
Kepsek SMAN 2 Batang Hari, Dra Roni Setiawati saat diwawancarai di ruang kerjanya

Kepsek SMAN 2 Batang Hari, Dra Roni Setiawati saat diwawancarai di ruang kerjanya

 

MUARABULIAN – Sekolah menengah atas (SMA) Negeri 2 Batanghari dalam menghadapi ujian nasional pada tahun 2019 ini sudah dimantapkan. Ujian akhir siswa kelas XII ini akan dilaksanakan Senin mendatang berbasis komputer.

Diketahui ada sebanyak 247 siswa-siswi SMAN 2 Batanghari yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) nantinya. Berbagai persiapan telah dilaksanakan untuk menghadapi ujian kelulusan tersebut.

“ Mulai dari simulasi, try out, gladi bersih dan bimbingan belajar kepada siswa sudah dilakukan untuk menghadapi ujian nasional itu,” ujar Kepala Sekolah SMAN 2 Batanghari Dra Roni Setiawati, Kamis (28/03/2019) kemarin.

Dijelaskan Kepsek bahwa persiapan siswa-siswi SMAN 2 Batanghari sudah dilakukan sesuai dengan instrumen ujian nasional yang ada. Untuk persiapan ujian siswa sebelumya sudah diberikan bimbingan belajar (bimbel) selama tiga bulan, setelah itu dilakukan simulasi tentang pengenalan system ujian berbasis komputer. Hal ini agar siswa tidak kaku dalam menjalankan ujian berbasis komputer. “ Disitu siswa diajarkan bagaimana login ke soal, cara menjawab soal, mengawali ujian dan mengakhiri ujian serta memamfaatkan waktu ujian dengan baik,” papar Kepsek.

 

Lanjutnya, selain simulasi system ujian siswa juga melaksanakan Try out ujian, alhasil memang nilai yang didapat memang jauh dari harapan. Kalau di persentasekan dari standar nilai kelulusan rata-rata 5.5 itu hanya dua puluh persen yang lulus. “ Kendalanya memang mental siswa untuk menghadapi ujian nasional itu perlu dimantapkan. Terakhir juga siswa juga telah melakukan gladi bersih ujian nasional dengan menjawab soal, namun tidak bisa kita lihat hasilnya, Insya Allah pada ujian senin mendatang siswa kita sudah siap untuk mengikuti ujian,” tandasnya.

“ Untuk antusiasme siswa dalam menghadapi ujian ini sangat baik, mudah-mudahan dalam menghadapi ujian nanti dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. 

Penulis: Kms Khairudin
Editor: Raden Denni