Jumat, 6 Desember 2019

Jamilah Buka FLS2N Tingkat Kabupaten Batanghari

Selasa, 09 April 2019 - 16:29:59
Kadisdikbud Batanghari Dra Jamilah saat memukul gong pembukan FLS2N tahun 2019

Kadisdikbud Batanghari Dra Jamilah saat memukul gong pembukan FLS2N tahun 2019

MUARABULIAN – Festival lomba seni siswa nasional Tingkat SD/SMP kabupaten Batanghari tahun 2019 resmi dibuka oleh dinas pendidikan dan kebudayaan. Selasa (09/04/2019) kemarin. Pembukaan dipusatkan di halaman kantor diknas yang dihadiri ratusan peserta dari delapan kecamatan.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Disdikbud Batanghari Dra Jamilah, Kabid Kebudayaan, Sri Herniza, Kabid TGT Yaakin,  Budayaan Jambi sekaligus dewan jur, H Arya Candra, Gusti Rahayu,MP.d dosen UNJA dan  Zulkarnain,S.Pd, ratusan peserta FLS2N dan Guru pendamping dan dukungan siswa dari SD/SMP dan Madrasah.

 

Kabid Kebudayaan kabupaten Batanghari Sri Herniza sebagai ketua pelaksana melaporkan kegiatan FLS2N tingkat kabupaten Batanghari merupakan kegiatan perlombaan seni yang rutin diadakan setiap tahunya. Tujuannya yakni untuk memberikan wadah bagi para siswa untuk menampilkan kreativitas dibidang seni. Kabid mengatakan, Rangkaian juga dilakukan mulai dari tingkat Gugus, kecamatan hingga kabupaten. 

“  Acara akan berlansung selama tiga hari mulai tanggal 09 s/d 11 april 2019, pesertanya yang merupakan perwakilan dari setiap kecamatan, yang telah diseleksi sebelumnya,” jelas Kabid.

Pada kesempatan itu, Kadis PdK Batanghari Dra Jamilah mengatakan, memuji pembukaan FLS2N di siapkan panitia sangat baik. "Pembukaannya sangat bagus, dan saya lihat ini sangat meriah. Antusiasme dari siswa kita sangat bagus terhadap seni," ujar Jamilah.

Terkait pelaksanaan FLS2N, Jamilah mengatakan, ajang ini menjadi salah satu kegiatan pendidikan yang tidak hanya mengembangkan estetika siswa dalam berseni melainkan juga mampu mendorong sikap kreatif siswa sehingga dapat memperkuat karakter mereka. "Kita menginginkan anak-anak kita mampu merawat dan melestarikan seni dan budaya yang kaya," ujarnya.

Sebelum memukul gong dibukannya acara tersebut, Jamilah mengatakan bahwa ajang FLS2N menjadi kesempatan para siswa untuk belajar menjadi generasi yang unggul. " Saya yakin penyelenggaraan FLS2N ini memberi ruang untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa," katanya.

Lebih lanjut, Tujuan FLS2N Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, Siswa dapat mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa.

Lebih jauh diharapkannya, dengan adanya lomba FLS2N ini  dapat menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya serta dapat menumbuhkembangkan sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan Goong oleh Kadisdikbud Batanghari Dra Jamilah didamping para Kabid dan Budayawan Provinsi maupun kabupaten.

Penulis: Kms Khairudin
Editor: raden deni