Kamis, 12 Desember 2019

40 Tahun Enam Desa Kemantan Tak Punya Wakil di DPRD

Kamis, 11 April 2019 - 15:03:17

KERINCI - Lebih 40 tahun tidak memiliki calon dari Kemantan yang duduk di DPRD kabupaten Kerinci. Kondisi inilah, salah satu yang membuat tokoh masyarakat enam desa di Kemantan, kecamatan Air hangat timur, Kerinci berkomitmen mendukung calon potensi.

Hal ini diungkapkan Fahri Rahman, salah seorang tokoh masyarakat Kemantan, kepada media ini, saat dihubungi tadi siang. Menurut dia, Dari beberapa kali pertemuan yang dilakukan, telah membuahkan hasil akan mengusung kandidat asli dari 6 desa Kemantan.

Pengakuan Fahri Rahman, meskipun komitmen ini tidak tertulis, namun tetap mendukung calon yang berpotensi dan memiliki track record yang jelas. "inikan untuk kepentingan masyarakat juga," sebut Fahri.

Saat disinggung diantara banyak calon potensi yang dimaksud, meskipun terkesan enggan menyebutkan, namun dia buka mulut. "ya, salah satunya Mensediar dari Partai PKB dan ada calon lain yang masuk kategori penilian beberapa tokoh, namun tetap mengarah kepada calon prioritas," beber dia.

Dia juga mengakui, meskipun hasil kesepakatan ini tidak mengikat, namun masyarakat kemantan sudah cerdas dalam menentukan sikap dan pilihan. "ada keluarganya yang mencaleg, tentu kita tidak bisa memaksa, tapi apa yang kita perbuat adalah untuk kepentingan masyarakat kemantan secara umum," sebut Fahri.

Masih menurut dia, karena sudah 40 tahun tidak memiliki wakil di DPRD kabupaten Kerinci, dirinya berharap dengan adanya kesepakatan ini, Enam desa Kemantan memiliki wakil di Legislatif.  " Dengan adanya wakil asli dari Kemantan yang duduk, sehingga aspirasi masyarakat lebih bisa diprioritas," harapannya.

Lebih jauh Fahri membeberkan, mayoritas masyarakat enam desa kemantan, berpenghasilan dari pertanian. Sehingga, sangat membutuhkan penyalur aspirasinya didewan. "Mayoritas Petani, terutama di Renah pemetik, jadi butuh wakil yang potensi yang bisa memenuhi apsirasi masyatakat," katanya.

Untuk diketahui, sebut Fahri, meskipun memiliki mata pilih hampir empat ribu, enam desa Kemantan Kecamatan Air Hangat Timur ternyata tidak pernah bisa mendudukkan wakilnya di DPRD Kerinci.

" Ini yang perlu di cam kan masyarakat Enam desa, selama ini kemantan hanya dijadikan Caleg dari luar untuk meraup suara," tegasnya.

Hal ini juga ditegaskan Tokoh masyarakat yang lain, H Abdul Azis, melalui telponnya. Penegasannya, enam desa kemantan tidak hanya bisa dapat satu kursi di DPRD, malah menurut dia, dengan mata pilih lebih empat ribu, sangat berpotensi memperoleh tiga kursi.

" Yang jelas saat ini, selain fokus satu kursi untuk Mensediar, kita menekankan kepada caleg untuk terus meraup suara diluar enam desa, sehingga bisa maksimal dan bisa lebih dari satu kursi," ungkapnya, menekankan kepada Caleg di Enam desa Kemantan.

Dia juga mengaku, beberapa waktu lalu, untuk fokus calon Asli dan Potensi ini, dirinya juga mengumpulkan beberapa tokoh dan kaum adat dirumahnya. " Semuanya sepakat dan mendukung calon yang berpotensi dari enam desa kemantan, salah satunya adalah Mensediar,” pungkasnya.

 

Penulis: Oky
Editor: Kms M Khairudin