Rabu, 3 Maret 2021

Wabup Buka Rakor Tim Inovasi

Rabu, 19 Juni 2019 - 15:31:12
Para peserta Rakor Inovasi kabupaten

Para peserta Rakor Inovasi kabupaten

MERANGIN -Wakil Bupati Merangin H Mashuri, Rabu (19/6) membuka rapat koodinasi (Rakor) tim inovasi kabupaten program inovasi desa Kabupaten Merangin 2019 di Balroon Hotel Royal Bangko.

Dikatakan wabup, program inovasi desa bertujuan untuk mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien malalui berbagai kegiatan pembangunan.

“Disamping itu pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat, juga dibutuhkan. Kami mengharapkan penggunaan dana desa diprioritaskan untuk pengembangan ekonomi,” ujar Wabup.

Selain itu lanjut wabup, pengembangan kewirausahaan, baik pada ranah pengembangan usaha masyarakat maupun usaha  yang diprakarsai desa melalui Badan usaha milik desa (Bumdes).

“Dana desa juga dapat digunakan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya untuk investasi di bidang pendidikan dan kesehatan dasar,” terang Wabup.

Selain itu tegas wabup, pemenuhan infrastruktur pedesaan juga menjadi prioritas, khusunya yang secara langsung berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat desa.

Sedangkan tugas dari Tim Inovasi kabupaten tersebut, diantaranya melakukan koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan kegiatan inovasi di Kabupaten Merangin.

Melakukan pengendalian pelaksanaan kegiatan inovasi di Kabupaten Merangin, memberikan dukungan terhadap pengelolaan pertukaran perngetahuan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Tidak hanya itu, Tim Inovasi juga bertugas melakukan bimbingan terhadap penyedia jasa layanan teknis, agar dapat lebih profesional dan mandiri serta membantu satker dekonsentrasi dalam memfasilitasi kegiatan program inovasi desa.

Terpenting lanjut wabup, Tim Inovasi kabupaten harus mampu membantu satker dekonsentrasi dalam memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan program inovasi desa.

Penulis: Doni Sobri
Editor: Chairudin