Senin, 19 Agustus 2019

Icon Batanghari Tapah Malenggang Belum Hak Paten

Senin, 12 Agustus 2019 - 14:24:37

MUARABULIAN - Kabupaten Batanghari yang merupakan kabupaten Tertua di provinsi Jambi hingga saat ini diketahui memiliki icon Tapah Malenggang. Namun sayangnya icon yang di banggakan tersebut belum resmi di hak paten secara Nasional.

Meski demikian, pemerintah melalui dinas pendidikan dan kebudayaan terus mengupayakan agar icon kabupaten Batanghari Tapah Malenggang dapat di Paten kan sebagai icon yang diakui secara Nasional.

Sebelumnya, Dinas pendidikan dan kebudayaan yang mengambil alih proses identifikasi icon Bumi Serentak Bak Regam ini dengan memunculkan beberapa icon yakni Tapah Malenggang, Ngarak Garudo, Bakohak dan Badadung. “ Untuk empat icon itu secara Hak atas Kekeayaan Intelektual (HAKI) sudah, namun untuk Paten dan diakui sebagai Icon Batanghari belum hingga saat ini,” ujar Kadisdikbud Batanghari Dra Jamilah, melalui Kabid Kebudayaan  Riza, Senin (12/08/2019) kemarin.

Ia membeberkan, sejak dimulainya identifikasi ragam seni dan budaya di kabupaten Batanghari Disdikbud juga melakukan kelengkapan data empat icon yang telah di HAKI. Selanjutnya, disdikbud mengirimkan data seperti naskah, video  ke Kementiran pendidikan dan kebudayan untuk mendapat Paten. Namun empat dari data icon yang dikirim hanya satu yang diterima. “  Satu itu Tapah Malenggang, itupun dikirim ulang agar melengkapi datanya,” kata Kabid Kebudayaan.

Pengiriman data kedua untuk melengkapi data kedua diberikan hasil baik, pihak dari kementrian pendidikan pada pertengahan Mei 2019 lalu, turun lansung ke kabupaten Batanghari didampingi oleh Disbudpar Provinsi Jambi untuk mengidentifkasi secara lansung mengenai Tapah Malenggang.

“ Ini sebenarnya kita sayangkan, namun proses dan penguatan data untuk Persentasi sebelumnya belum lengkap,” cetus Riza.

Lebih jauh lagi dikatakan Riza bahwa, Pihak kemendikbud juga melakukan kroscek secara lansung kepada Narasumber. “ Nah, hasil dari mereka turun itu, Insya Allah Icon Tapah Malenggang  akan dipersentasikan ,dan  mudah- mudahan dibulan Desember pelaksanaanya,” tandasnya.

Riza berharap, apa yang telah dicapai melalaui beberapa tahapan prosesnya, Icon Kabupaten Batanghari Tapah Malenggang dapat di Paten secara Nasional.

Penulis: Chairudin
Editor: Riyan