Sabtu, 6 Maret 2021

18 Sanggar Terlibat Meriahkan Festival Tradisi Batanghari 2019

Rabu, 28 Agustus 2019 - 21:07:46
Pembukaan Festival Tradisi Di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Rabu (28/08/2019)

Pembukaan Festival Tradisi Di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Batanghari, Rabu (28/08/2019)

 

MUARABULIAN – Pemerintah kabupaten Batanghari melalui Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batanghari, Rabu (28/08/2019) kemarin menggelar Festival Tradisi Batanghari. Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari identifikasi sanggar di kecamatan dan dilombakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batanghari Dra Jamilah diwawancarai usai pembukaan menyampaikan, Festival Tradisi ini merupakan untuk meneruskan dari visi misi Bupati Batanghari Ir Syahirsah-Sofia dalam visi kelima untuk meningkatkan event kebudayaan di Kabupaten Batanghari.

Festival Tradisi yang dilaksanakan oleh Disidikbud ini untuk  menggali budaya-budaya yang ada di kabupaten Batanghari. Peserta sendiri dari hasil identifikasi yang dilaksanakan disdikbud Batanghari yang terjun lansung kelapangan, tradisi mana saja yang perlu diangkat dan tradisi yang sudah memenuhi syarat di panggil untuk mengikuti lomba ini.  “ Di tahun 2019 ini ada 18 sanggar yang terlibat kita lombakan,” ujar Kadisdikbud Dra Jamilah.

 

Lomba ini bukan hanya untuk mengejar Juara, namun dari pada itu untuk mengapresiasi masyarkat di kabupaten Batanghari dalam mempertahankan Budaya kearifan lokal. Jamilah juga mengatakan, bukan hanya lomba, Disdibud bersama pemda Batanghari juga launching 13 Judul Buku yang akan diintegrasikan ke pembelajaran di sekolah Tingkat SD dan SMP.

Terpisah Bupati Batanghari Ir Syahirsah diwakili oleh Asisten I Setda Batanghari Very Ardiayansah mengatakan, Pemerintah terus mensupport kegiatan dalam rangka menggali potensi-potensi Budaya tradisi.

Ia menyebutkan, Dibandingkan tahun sebelumnya Tradisi dikabupaten Batanghari terus meningkat pesat. Pada tahun ini Disdikbud mengembangkan melalui proses yang cukup panjang, telah mendapatkan 13 Judul Buku, 30 judul lagi dan enam Tradisi ini lebih baik dari sebelumnya.

Very Juga berharap, bahwa Tradisi budaya ini terus di edukasi, agar masyarkat memahami seni maupun tradisi yang ada di kabupaten Batanghari. “ Salah-satunya muatan lokal, saat ini kita harus bangga bahwa Batanghari telah memiliki Buku Muatan lokal yang telah kita lauching, sebagai tambahan pembelajaran yang akan diintegrasikan ke pelajaran, ini suatu keberhasilan yang sangat baik untuk kabupaten Batanghari,” pungkas Asisten I Batanghari.

Hadir Pada kesempatan pembukan dan launching Buku Muatan lokal kemarin, Asisten I Setda Batanghari, Kadisdikbud Batanghari Dra Jamilah, Kabid Kebudayaan Riza, Kabid PAUDNI M Yanuar, Kabid GTK Yaakin serta pelaku seni dan tradisi se kabupaten Batanghari. 

 

Penulis: Kms Khairudin
Editor: Raden Denni