Minggu, 8 Desember 2019

Perjuangan 24 Guru Ciptakan Buku Tentang Budaya Batanghari Hingga Subuh

Rabu, 28 Agustus 2019 - 21:42:35
13 Judul Buku tentang Budaya Batanghari

13 Judul Buku tentang Budaya Batanghari

 

MUARABULIAN - Dibalik keberhasilan peluncuran Buku kurikulum muatan Lokal (Mulok) ternyata banyak unsur yang terlibat. Khusus bidang kebudayaan Disdikbud Kabupaten Batanghari sebagai pendukung penuh.

Selain itu, ternyata Buku Tentang Budaya Batanghari yang telah resmi menjadi bahan bacaan dan pembelajaran ini ternyata banyak melibatkan Guru Sekolah di kabupaten Batanghari.

Salah satu Penulis Buku Muatan Lokal  berjudul Rumah Adat menceritakan, Suka duka dalam menciptakan Buku Mulok tentang Budaya Batanghari sendiri tentunya penulis saling mendukung dalam mencari, menggali materi yang dapat di buat sebagai bahan pembelajaran Mulok ini.

“ Kami melakukan kunjungan lansung, seperti kerumah adat menulis tentang rumah adat, bahkan referensi dari pustaka untuk bahan yang akan di bedah lagi dengan pemateri dari Puskur, setelah itu, kami menyiapkan foto rumah adat itu sendiri, yang akan dijelaskan dalam materi tersebut,” tutur Rohana Guru SDN 112 Perumnas Muara Bulian.

Dalam perjalanannya, selama dua tahun pembuatan Buku ini, memang dilakukan dengan kerja extra dan ikhlas. Bahkan untuk mengumpulkan Narasi pernah sampai jam 2 Subuh. " Pernah kami melengkapi lagi bahan, Buku tersebut sampai subuh, karena memang penyajiannya harus teperinci," beber Rohana.

Ia juga mengatakan, sebagai salah satu penulis Buku ia sangat bangga dan terharu, karya tulis yang diperjuangkan selam dua tahun ini menjadi buku resmi untuk di edarkan. " Sebagai penulis Buku, kami mengucapkan banyak terimakasih kepara pemerintah Batanghari, melalui Disdikbud yang telah mendorong kami menjadi penulis hingga direamikan menjadi suda Buku yang kedepan sangat amat berguna bagi anak-anak di sekolah dalam mengenal Budaya Batanghari," imbuh Rohana.

Banyak mamfaat dari pemahaman tentang menulis. Semoga keberhasilan penciptaan Buku tentang Budaya Batanghari Ini bermamfaat dan yang paling utama kita tidak akan lekang dari zaman tentang Budaya Bumi serentak bak regam dengan adanya Buku ini.

 

Penulis: Chairudin
Editor: Riyan