Sabtu, 19 Oktober 2019

Bupati Batanghari Hadiri Pembukaan Lastar CPNS Golongan III Umum

Senin, 09 September 2019 - 19:59:47

MUARABULIAN - Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy menghadiri pembukaan pelatihan dasar CPNS Golongan III Umum di Lingkungan Pemerintah kabupaten Batanghari tahun 2019 pada Senin (09/09) pagi di ruang pola kantor Bupati Batanghari.

Hadir pada acara tersebut Kepala BKD Provinsi Jambi, yang diwakili oleh Abdullah Mukti, Asisten 1 Setda Batanghari, Verry Ardiansyah, para Kepala OPD dan ratusan peserta pelatihan dasar CPNS.

Dalam sambutan Bupati Batanghari, Syahirsah menyampaikan Latsar CPNS dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

“ Tugas bapak ibu sangat berat karena masyarakat sangt berharap kepada bapak ibu skalian, karena tugas dan tanggung jawab kedepan sangat berat. Mudahan-mudahan kedepan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Untuk itu ASN dituntut untuk menguasai tugas masing-masing dan harus proaktif menciptakan kerja dan jangan pasif menunggu pimpinan memberikan tugas dan bekerja dengan aungguh-sungguh serta mengikuti diklat ini dgn baik," pesan Bupati.

Pelatihan dasar yang diikuti oleh 224 peserta terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 190 orang, tenaga kesehatan 13 orang yang terdiri dari Dokter Umum, Dokter Gigi dan Perawat, dari tenang Teknis 20 orang dan formasi Disabilitas 1 orang.

Sesuai dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan ASN , antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat ASN/PNS. Pelatihan Paling Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil atau disingkat Latsar CPNS atau cukup disebut Latsar adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi PNS.

Sementara itu Kepala BKPSDMD Batanghari, Muhammad Rifai dalam laporannya menyampaikan tujuan lenyelenggaraan pelatihan dasar CPNS Golongan III angkatan VII tahun 2019 untuk membentuk PNS yang profesional yang memiliki karakter sebagai PNS, yakni sebagai pelayan masyarakat, pelaksana kebijakan publik dan perekat pemersatu bangsa," katanya.(mon)

 

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan