Sabtu, 21 September 2019

Mashuri Buka Kejurprov Pra Porprov Arung Jeram

Senin, 09 September 2019 - 20:21:13

MERANGIN - Bupati Merangin, H Mashuri pada Senin (9/9), membuka Kejuaraan Provinsi Pra Pekan Olah Raga Provinsi (Kejurprov Pra Porprov) Jambi Arung Jeram 2019, di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarab.

Kejurprov Pra Porprov Jambi Arung Jeram itu, diikuti kabupaten/kota di Provinsi Jambi, kecuali Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Kerinci yang tahun ini absen sebagai peserta.

Dikatakan wabup, keberhasilan pengembangan olahraga tidak saja dilihat dari keberhasilan prestasi yang dicapai, namun harus dilihat secara lebih luas dampaknya dalam berbagai sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

‘’ Tolak ukur dari suatu keberhasilan pembinaan olahraga adalah apabila olahraga tersebut sudah menjadi konsumsi masyarakat di segala lapisan, seperti halnya Arung Jeram,’’ ujar Wabup.

Bahkan lanjut wabup, olahraga yang pengembangannya berhasil itu apabila event-eventnya sudah menjadi kebutuhan, bagian dari sesi sehidupan masyarakat dalam sehari-harinya.

‘’ Oleh karena itu perlu adanya pembinaan olahraga yang representatif dan inovatif, sehingga mampu membuat semua insan termotivasi menjadi pelaku olahraga dari setiap even yang dilaksanakan,’’ terang Wabup.

Pada kesempatan itu wabup menginforkasikan, lokasi penyelenggaraan Kejurprov Pra Porprov Jambi Arung Jeram tersebut, merupakan salah satu Geosite Geopark Nasional Merangin Jambi.

Geopark Merangin Jambi memiliki flora Jambi berupa fosil kayu, kerang, daun dan pakis yang berusia permian 300 juta tahyn sampai dengan 250 juta tahun yang perlu dilestarikan sebagai warisan bumi.

‘’ Saat ini Pemerintah Kabupaten Merangin sedang menggalang dukungan untuk meningkatakan status Geopark Nasional Merangin Jambi menjadi Unesco Global Geopark (UGG),’’ jelas Wabup.

Wabup minta para atlit bertanding sebaik mungkin dan menjunjung tinggi ‘Fair Play’ serta tidak semata-mata mengejar target kemenangan, tapi yang lebih penting meningkatakan persahabatan. Berikan yang terbaik  untuk daerah masing-masing.(don)  

Penulis: Doni Sobri
Editor: Riyan