Sabtu, 21 September 2019

Pemkab Tebo Akan Mekarkan Kelurahan Wirotho Agung Jadi 3 Wilayah

Selasa, 10 September 2019 - 14:34:44
Kabag Pemerintahan, Arief Haryoko..

Kabag Pemerintahan, Arief Haryoko..

MUARATEBO - Pemerintah Kabupaten Tebo bakal melakukan pemekaran wilayah Kelurahan Wirotho Agung, kecamatan Rimbo Bujang menjadi 3 Kelurahan. Hal ini dilakukan mengingat perkembangan penduduk dan jumlah jiwa di kelurahan tersebut sangat tinggi.

" Untuk syarat pemekaran sudah lebih dari cukup. Baik itu luas wilayah maupun jumlah KK dan jiwa di kelurahan tersebut," ujar Kabag Pemerintahan, Arief Haryoko, saat dikonfirmasi, Selasa (20/09/2019).

Arif menjelaskan, bahwa pemekaran kelurahan menjadi 3 wilayah itu sudah ada kesepakatan dari seluruh tokoh masyarakat setempat. Bahkan untuk nama-namanya juga sudah ada yaitu kelurahan Wirotho Agung, Kelurahan Mandiri agung dan Kelurahan Sarana agung.

" Untuk jumlah kepala keluarga (KK) di kelurahan Wirotho Agung sebanyak 5000 KK. Sedangkan jumlah jiwa sebanyak 17.000 lebih. Pertimbangan jumlah penduduk tersebut lah sangat memungkinkan untuk dilakukan pemekaran kelurahan," jelasnya.

Menurut Arif lagi, bahwa tujuan pemekaran kelurahan ini dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan masyarakat serta mempercepat pembangunan. " Jika 17.000 jiwa lebih dilayani oleh satu kelurahan kan sedikit repot. Solusinya harus dilakukan pemekaran," terangnya.

Untuk tindak lanjutnya, Pemkab Tebo akan melakukam pemetakan batas atau pembagian wilayah dengan cara turun kelapangan. Sementara, pemkab Tebo akan menargetkan pemekaram kelurahan pada awal 2020 nanti peraturan daerah (perda) nya sudah ketok palu. (Zie)

 

Penulis: Tarmizi
Editor: Riyan