Jumat, 29 Maret 2024

Batanghari Juara Umum Festival Tradisional Tingkat Provinsi Jambi

Selasa, 24 September 2019 - 14:34:36
Peserta dari Kabupaten Batanghari saat mengikuti Festival Trasional tingkat Provinsi Jambi

Peserta dari Kabupaten Batanghari saat mengikuti Festival Trasional tingkat Provinsi Jambi

MUARABULIAN – Pada festival Tradisonal tingkat provinsi Jambi 20 s/d 21 September lalu Kabupaten Batanghari dinobatkan terbaik pertama dalam Kuliner, Keseneian Daerah dan permainan tradisonal   dan menjadi juara Umum. Gelar Festial Tradisonal ini dilaksanakan tango Rajo depan rumdis Gubernur Jambi.

Ketua sanggar kesenian tradional Kabupaten Batanghari Suhaili diwawancarai,  Rabu (24/09/2019) mengatakan,  kabupaten Batanghari mengirim seluruh item perlombaan dalam festival Tradisonal tingkat provinsi Jambi yang pertama kalinya diadakan tingkat Provinsi Jambi tahun 2019 ini. “ Dari item yang diperlombaakan seperti Kesenian tradisonal, Kuliner dan Permainan Trasional kita mengikutinnya,” ujar Suhaili.

Ia membenarkan bahwa kabupaten Batanghari mendapat terbaik pertama  Kesenian tradisi oleh sanggar bakolantang  Desa Rambutan Masam, Juara 1 Kuliner Tradisi Sanggar Bujang Paibo Desa Rantau Kapas Mudo dan Juara tiga permainan tradisi oleh Sanggat Cipta Pesona Penerokan. Sehinga kabupaten Batanghari dinobatkan sebagai Juara Umum.

Kesiapan kabupaten Batanghari dalam lomba Festival Trasional ini memang tidak merasa dikhawatirkan lagi, dikarenakan kabupaten Batanghari sebelum adanya festival tingkat Provinsi Jambi ini sudah mempersiapkan diri sejak tiga tahun yang lalu melalui bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Batanghari.

“ Jadi Festival inikan baru dilaksanakan diprovinsi Tahun 2019 ini. Alhamdulillah, kabupaten Batanghari sudah siap untuk menghadapi lomba ini, berbeda dengan kabupaten lainnya yang ikut, notabenya belum ada kegiatan di kabupaten terkait kesenian trasional ini, sehingga peluang kita menjadi juara dalam bertarung menjadi yang terbaik lebih siap,” ujar Suhaili.

Ia juga menjelaskan, Sesuai dengan UU nomor 5 tentang kemajuan kebudayaan, kabupaten Batanghari lebih awal mempersiapkan kemajuan kebudayaan itu. Selain itu, terkait tindaklanjutnya ke mewakili ketingkat Nasional dalam Pekan Kebudayaan Nasional mewakili Jambi nantinya atau tidak kita masih menunggu Provinsi.

“ Karenakan, memang kegiatan ini saya katakana baru masuk ditahun 2019, berkemungkinan anggaran yang disediakan untuk kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional itu masih dipertimbangka, tapi mudah-mudahan kabupaten Batanghari bias mengikuti itu,” cetus Suhaili.

Terpisah Kabid Kebudayaan kabupaten Batanghari Sri Hermiza Wahyuni. SP bersyukur atas peserta dari beberapa sanggar yang mewakili tingkat Provinsi Jambi berhasil meraih juara terbaik dari kabupaten lainnya. Hal ini tidak terlepas dari apa yang telah diperbuat Disdikbud Batanghari dalam pengembangan dan kemajuan kebudayaan kabuapten Batanghari,” ujar Kabid Kebudayaan.

Ia juga menyebutkan, Pada prosesnya selama tiga tahun terakhir para pelaku seni daerah dikabupaten Batanghari terus dilibatkan dan diberikan pembinanaan peningkatan kapasitas sebagai pelaku seni itu sendiri. “ Berkat kesiapan kita yang lebih awal, bahkan juga kita memperlombakan selama tiga tahun terakhir ditingakt kabupaten Batanghari, hasilnya sangat memuaskan ditingkat provinsi Jambi ini, semoga ini berlanjut ke tingkat Nasional,” papar Sri Hermiza .

Disdikbud juga berharap, dalam meningkatkan kemajuan kebudayaan di Batangahri tetntulah perlu dorongan dari pemerintah daerah dalam segi anggaran yang dimaksimalakan lagi. Mengingat saat ini memang masih ada belum teakomodir.

Riza juga berharap, dengan juara terbaik se provinsi Jambi ini dalam mendongkrak semangat Sanggar lainnya yang juga dapat berkarya dan berkerasi dan menularkan kepada yang muda. Dan dapat melestarikan kebudayaan kabupaten Batanghari ke tingkat Nasional.(din)

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Ryan