Jumat, 6 Desember 2019

Puskesmas Sungai Puar Gelar Pemilihan Duta Kespro 2019

Senin, 30 September 2019 - 10:24:28

MERSAM - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan di tengah masyarakat Puskesmas Sungai Puar Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari menggelar pemilihan Duta Kespro tahun 2019. Duta Kespro Puskesmas Sungai Puar ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang ilmu kesehatan reproduksi yang benar.

Dalam sambutan Kepala Puskesmas Sungia Puar Dr Hj Anita Dewi pada pemilihan Duta Kespro di kantor Puskesmas Sungai Puar mengatakn Untuk meningkatkan informasi kesehatan reproduksi (Kespro) peran Remaja dalam menginformasikan tentang kesehatan kepada masyarakat di desa maupun di tingkat keluarga terus dilibatkan.

Kegiatan pemilihan Duta Kespro ini melibatkan 10 remaja dari seluruh desa di kecamatan Mersam. Selain itu, pemuda dari setiap desa ini juga dibentuk komunitas kesehatan, yang bertujuan untuk agar terus berperan ditengah masyakarat. Duta kespro yang dilibatkan diseleksi untuk menjadi yang terbaik sebagai pemuda yang memang peduli terhadap kesehatan reproduksi sejak 2018 lalu.

“ Hari ini ada Duta Kespro yang diwakili setiap desa kita pilih menjadi Duta terbaik satu, dua dan tiga, semoga Duta Kespro ini dapat mengembangkan lagi ilmu tentang kesehatan dan terus memberikan informasi ke masyarakat tentang kesehatan,” ujar Kapus Sungai Puar,  Senin (30/09/2019) kemarin.

Kapus berharap program Duta Kespro ini bisa belajanjut ketahun berikutnya. Sehingga mata rantai keterlibatan pemuda dalam menyampaikan informasi ke masyarakat terus bersinergi dengan tujuan dasar kesehatan reproduksi ini.

Terpisah Camat Mersam M Syari Saman mengatakan, mengucapkan penghargaan setinggi tinggi nya kepada puskesmas sungai puar. Kespro merupakan kerjasama remaja dalam menginformasikan kesehatan kepada remaja.

Gerakan pemuda dalam reproduksi kesehatan snangat bermamfaat kepada masyarakat. " Mudah-mudahan remaja kespro ini dapat mendobrak masyarkat dalam pengetahuan kesehatan di tingkat keluarga," ujarnya.

Selain itu, Kerjasama dengan desa juga sebagai regulasi dapat meningkatkan kapasitas kesehatan ini agar desa dapat memperhatikan bidang kesehatan ini. " Saya harapkan, tahun 2020 dapat menganggarkan kegiatan kesehatan di desa,agar sinkron dengan gerakan Kespro puskesmas Sungai Puar, jadi ada output yang baik," tegas Kades.

Ketua Karang taruna Kabupaten Batanghari Rahmad Mulyadi yang hadir dalam Pemilihan Duta Kespro menyampaikan, agar Duta Kespro Puskesmas sungai Puar yang telah dipilih dapat berbuat dengan peran dan kapasitasnya di tengah masyarkat. “ Bukan hnya sekedar kesehatan reproduksi, termasuk informasi terhadap bahayanya narkoba perlu diinfomrasikan sebagai duta Kespro. Saya juga sangat bangga kepada pelopor Kespro oleh Bidan Reski Daroza,Am.Keb,” pungkas Rahmad Mulyadi.

Hadir dalam kesempatan pemilihan Duta Kespro tahun 2019 Puskesmas Sungai Puar, Babinkantibmas Kecamatan Mersam, Kades se kecamatan Mersam serta Duta dari setiap desa.

Penulis: Kms Chairudin