Selasa, 12 November 2019

35 Anggota DPRD Batanghari Ikuti Orientasi Bagi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi Tahun

Rabu, 06 November 2019 - 18:54:05
Para anggota DPRD kabupaten Batanghari poto bersama pada kegiatan orientasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota Se-Provinsi Jambi tahun 2019...

Para anggota DPRD kabupaten Batanghari poto bersama pada kegiatan orientasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota Se-Provinsi Jambi tahun 2019...

 

BATANGHARINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Batanghari menjadi peserta Orientasi Bagi Anggota DPRD se-Provinsi Jambi tahun 2019 di Jakarta.

Giat orientasi tersebut dipusatkan di Hotel Oasis Amir Senen Jakarta Pusat dilaksanakan pada 5 sampai dengan 9 November 2019 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri, Drs.Teguh Setyabudi, M.Pd pada Rabu (6/11/2019).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Batanghari, Adison dikonfirmasi media ini bilang, penyelenggaraan Orientasi pengenalan tugas bagi anggota DPRD Batanghari tahun 2019 bertujuan untuk membekali peserta terkait pengenalan tugas dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaran pemerintah daerah. Kemudian meningkatkan kompetensi, profesionalitas dan integritas para peserta. Dan juga bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan sasaran adanya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan anggota DPRD kabupaten Batanghari sehingga berkorelasi dan berkontribusi terhadap kinerja pada periode 2019-2024.

“ Peserta Orientasi pengenalan tugas bagi anggota DPRD kabupaten Batanghari tahun 2019 adalah, anggota DPRD Batanghari periode 2019-2024 yang telah mengucap sumpah/janji anggota dewan sebanyak terdiri dari 35 peserta,” kata Adison pada Rabu (6/11/2019).

Adison berujar, adapun materi-materi yang disampaikan pada Orientasi pengenalan tugas bagi anggota DPRD kabupaten Batanghari tahun 2019 adalah, mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan NKRI. Kemudian, mengenai Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Dearah, Hubungan Kerja antara DPRD dan Kepala Daerah, fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajiban DPRD serta muatan lokal/isu-isu aktual.  

“ Materi yang disampaikan hari ini (Rabu 6 November 2019) adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan NKRI yang dismapaikan oleh bapak Burhanudin Dosen IPDN,” ujarnya.

Kepala BPSDM Kemendagri, Drs. H. Teguh Setyabudi, MPd pada saat pembukaan mengatakan, bahwa  kegiatan Orientasi bagi Anggota DPRD ini mempunyai makna penting bagi upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang harus  terus dilakukan dan berkesinambungan. Dalam konteks ini, peningkatan kapasitas bagi anggota DPRD.

Selain itu, dalam konteks pemerintahan daerah, Teguh bilang, DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dengan berkedudukan sebagai mitra sejajar kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Oleh karena itu, DPRD memiliki posisi penting dalam melaksanakan program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat.

Sebagai mitra sejajar kepala daerah, kata Teguh, DPRD memiliki peran dan tanggungjawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktifitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban, tugas, wewenang, dan fungsi DPRD.(adv)

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan