Kamis, 30 Januari 2020

Sesak Nafas, Dua Ibu di Batanghari Meninggal Dunia

Senin, 11 November 2019 - 19:39:53

 

BATANGHARINEWS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Batanghari mencatat ada 4 kasus kematian ibu di kabupaten Batanghari sejak Januari hingga Oktober 2019.
 
Empat kasus tersebut diantaranya 2 kasus kematian ibu bersalin dan 2 kasus kematian ibu nifas.
 
" Penyebab kematian karena perdarahan dan penyakit sesak nafas," kata Kepala Dinkes kabupaten Batanghari, dr Elfie Yennie kepada media ini, Rabu (6/11/2019).
 
Elfie Yennie bilang, terkait kasus ini secara kinerja, ada perbaikan. Angka kematian Ibu (AKI) berhasil diturunkan dibanding tahun lalu. Dimana AKI hanya terdapat 8 kasus di tahun 2018 lalu. AKI di Batanghari pun juga jauh di bawah angka nasional," ujar Elfie Yennie.
 
Namun, lanjut Elfie Yennie berujar, upaya penurunan AKI tetap terus dilakukan pihak Dinkes Batanghari dengan cara, memotivasi masyarakat agar melakukan persalinan di fasilitas kesehatan. Memotivasi masyarakat (kaum ibu) agar berperilaku hidup sehat pada saat sebelum hamil, saat hamil sampai nifas, seperti menjaga asupan Gizi seimbang dan mencegah anemia.
 
Kemudian memberikan edukasi agar ibu hamil memeriksakan diri secara teratur ke fasilitas pelayanan kesehatan. Selanjutnya memberikan edukasi agar keluarga dan masyarakat tetap siaga dalam menolong Ibu hamil, seperti gerakan desa siaga aktif, suami siaga dam sebagainya.
 
Dan memastikan agar fasilitas kesehatan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas," pungkas Elfie Yennie.(mon)
 
Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan