Senin, 20 Januari 2020

Sekda Ajak Masyarakat Batanghari Gunakan Aplikasi I-Batanghari

Kamis, 12 Desember 2019 - 14:47:16
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batanghari saat membacakan sambutan tertulis Sekda Batanghari pada peluncuran Aplikasi Perpustakaan Digital I-Batanghari...

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batanghari saat membacakan sambutan tertulis Sekda Batanghari pada peluncuran Aplikasi Perpustakaan Digital I-Batanghari...

 

BATANGHARINEWS.COM – Sekda Batanghari, H. Bakhtiar, SP melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Batanghari, Drs. Takdirman mengatakan, kebutuhan masyarakat akan layanan perpustakaan dan literasi kabupaten Batanghari dengan sarana dan prasarana yang ada diharapakn terus menerus berupaya berbenah diri dalam memajukan lembaga ini. Apakah dengan jalan sosialisasi, promosi atau dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mengajak atau melibatkan masyarakat di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Batanghari.

Karena selama ini masih banyak masyarakat memandang minim terhadap Perpustakaan, sehingga menganggap bahwa Perpustakaan belum dijadikan sebagai kebutuhan dalam kehidupan mereka. Hal ini merupakan tugas berat Perpustakaan yang harus mengubah pandangan masyarakat tersebut.

Kegiatan peluncuran Perpustakaan Aplikasi Digital I-Batanghari ini dilakukan agar meningkatkan minat baca masyarakat dan anak-anak didik gemar membaca. Karena dengan banyak membaca, kita memperoleh banyak informasi dan akan menambah ilmu pengetahuan.

“Oleh karena itu, banyaklah membaca agar banyak pengetahuan,” ajak Sekda dalam teks tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Takdirman sebelum membuka resmi peluncuran Perpustakaan Digital I-Batanghari dan kegiatan Workshop Minat dan Budaya Baca tahun 2019 di gedung Pemuda Muarabulian, Kamis (12/12/2019).

Dihadapan undangan yang hadir, Takdirman bilang, perpustakaan mempunyai peranan sebagai pusat belajar, sumber pendidikan, sumber rujukan bagi generasi muda dan masyarakat. Peran Perpustakaan sangat sentral dalam membina dan menumbuhkan kesadaran membaca. 

Kegiatan membaca tidka bisa dilepaskan dari keberadaan dan tersedianya bahan bacaan yang memadi baik dalam segi jumlah maupun kualitas bacaan. Dalam hal ini, maka diadakannya Perpustakaan Digital berbasis media e-Book untuk meningkatkan minat dan budaya baca, serta memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era Digital saat ini,” tuturnya.

Aplikasi ini, lanjutnya, merupakan hasil kerjasama dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari dengan PT. Woolu Aksaramaya. Aplikasi I-Batanghari ini merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dilengkapi dengan alat untuk membaca buku digital atau e-Book Reader. I-Batanghari ini diluncurkan supaya masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan buku yang berkualitas sebagai sumber informasi.

“Saya berharap dengan adanya Perpustakaan Digital I-Batanghari ini, masyarakat Batanghari akan lebih gemar membaca,” harapTakdirman.

“Saya juga berharap kepada masyarakat Batanghari agar menggunakan aplikasi I-Batanghari sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan untuk kemajuan masyarakat Batanghari, dan memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan gadget, juga mempermudah akses masyarakat terhadap kebutuhan membaca,” tambah Takdirman berharap.

 
 
 
 
Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan