Rabu, 3 Maret 2021

Ketinggian Air Sungai Batanghari Capai 2 Meter, Batanghari Siaga IV

Rabu, 01 Januari 2020 - 18:57:22
Kasi Kesiapsiagaan BPBD Batanghari, Yahya Mulai..

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Batanghari, Yahya Mulai..

BATANGHARINEWS.COM, MUARABULIAN - Derasnya guyuran hujan yang terjadi diwilayah kabupaten Batanghari akhir-akhir ini mengakibatkan debit air sungai Batanghari terus meningkat. 

Bahkan berdasarkan pantauan Tim Reaksi Cepat BPBD setempat melalui Alat Pemantau Ketinggian Air (APKA) pada Senin 30 Desember 2019, tinggi muka air berada di angka 202 CM atau mencapai dua meter lebih.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Batanghari, Yahya Mulia mengatakan, debit air sungai saat ini terus meningkat dalam setiap harinya. Meski tidak terlalu signigfikan jika dibanding angka sebelumnya yang berada di angka 198 CM pada Sabtu 28 Desember 2019, namun kondisi ini cukup membuat debit air sungai meluap.

"Namun meski terus terjadi peningkatan, kondisi tinggi muka air sungai Batanghari berdasarkan APKA BPBD, saat ini berada di Siaga IV atau di angka aman. Sementara terkait kondisi ini, para Personel BPBD pun telah dikerahkan untuk melakukan pendataan terhadap sejumlah wilayah atau desa maupun kelurahan yang sudah mulai terdampak banjir," ungkapnya pada Senin (30/12/2019).

Penulis: Elmir Rayyan/istimewa
Editor: Riyan