Selasa, 21 Januari 2020

Usai Pilkada, 62 Desa Pilkades Serentak

Kamis, 09 Januari 2020 - 11:51:44
 Pemerintah kabupaten Batanghari akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 62 desa di Batanghari.

Pemerintah kabupaten Batanghari akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 62 desa di Batanghari.

MUARABULIAN - Pemerintah kabupaten Batanghari akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 62 desa di Batanghari.

Pilkades serentak bergelombang di 62 desaitu, direncanakan akan digelar setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini, yaitu sekitar bulan Oktober 2020.

“Pilkades serentak di 62 desa di Batanghari tahun ini direncanakan seteleh Pilkada, sekitar Oktober 2020. Rencana ini berdasarkan hasil rapat tim kabupaten Batanghari di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Batanghari baru-baru ini,” kata Kepala Dinas PMD Batanghari, Arif Budiman melalui Kasi PAPD pada Dinas PMD Batanghari, Supriadi pada Selasa (7/1/2020).

Supriadi mengaku, pelaksanaan Pilkades serentak bergelombang di 62 desa nanti, tetap akan menggunakan sistem e-votting.

“Pilkades nanti tetap menggunakan sistem e-votting serentak bergelombang, karena masih keterbatasan alat e-votting,” ujar Supriadi.

Supriadi bilang, saat ini jumlah alat e-votting yang ada berjumlah 25 unit, yang sebelumnya hanya ada 15 unit.

“Ada penambahan alat e-votting pada APBD 2020 sebanyak 10 unit, jadi ditambah 15 jadi 25 unit,” akunya.

Dia juga mengaku, jika jumlah alat e-votting yang ada masih belum mencukupi jika dilihat dari jumlah desa serta mata pilih yang ada. Oleh karena itu pelaksanaan Pilkades di 62 desa nanti akan dilaksanakan secara serentak bergelombang,” sebutnya.

Terpisah Kabid Dafduk apda Dinas Dukcapil Batanghari, Ali Amran mengatakan, bahwa terkait Pilkades serentak tahun 2020 ini di 62 desa yang ada di Batanghari, Disdukcapil Batanghari sudah menyelesaikan perekaman e-KTP di 21 desa, sedangkan 41 desa lagi akan ditargetkan selesai perekaman selama kurun waktu 4 bulan kedepan,” katanya.

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan