Selasa, 21 Januari 2020

Stok Blanko KIA di Disdukcapil 16.000 Keping

Kamis, 09 Januari 2020 - 11:55:41
Ilustrasi.

Ilustrasi.

MUARABULIAN – 16 ribu keping blanko Kartu Identitas Anak (KIA) masih tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Batanghari.

Kepala Dinas Dukcapil Batanghari, Ade Pebriandi melalui Kabid Dafduk, Ali Amran mengatakan, saat ini di Didisdukcapil Batanghari masih tersedia kurang lebih 16 ribu keping blanko KIA.

Di Batanghari sendiri pada tahun 2019 lalu sudah ada yang mulai melakukan kepengurusan. Bahkan menurutnya, saat ini sudah ada beberapa yang dicetak. Diakuinya, saat ini sudah ada 37 orang anak di Batanghari yang sudah mengantongi KIA tersebut. 20 orang diantaranya anak sekolah dasar, 4 orang SAD dan 13 orang masyarakat.

Menurutnya, blanko KTP dan KIA berbeda, sehingga penggunaan blanko untuk KIA tidak mungkin bisa di gunakan untuk KTP. Untuk proses percetakan KIA, saat ini masih proses manual, belum bisa seperti proses percetakan e-KTP.

Pada tahun ini pihaknya pun akan terus menggenjot pencetakan KIA bagi anak di Batanghari. Bahkan belum lama ini Kepala Disdukcapil Batanghari telah mengajukan kurang lebih 15 ribu keping blanko KIA kepada pemerintah.

“Yang jelas blanko KIA yang ada saat ini tidak cukup jika dilihat dari jumlah anak yang ada di Batanghari yang belum memiliki KIA,” katanya pada Senin (6/1/2020) kemarin.

“Kalau tidak salah ada seratus ribuan jumlah anak yang ada di Batanghari yang wajib KIA,” tutupnya .

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan