Selasa, 21 Januari 2020

Jumlah Siswa Madrasah Meningkat Berkat Program PINTAR

Rabu, 15 Januari 2020 - 11:30:24
Keberhasilan madrasah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation Kabupaten Batanghari semakin membaik

Keberhasilan madrasah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation Kabupaten Batanghari semakin membaik

MUARABULIAN – Keberhasilan madrasah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation Kabupaten Batanghari semakin membaik, kali ini MIS Ath-Thohiriyah Muara Bulian semakin diterima oleh masyarakat berkat guru yang terus meningkatkan kompetensinya, muridpun semakin meningkat jumlahnya.

”Tahun ajaran 2018/2019 murid baru kami menerima sekitar 30 siswa, sedangkan di tahun ajaran 2019/2020, 45 murid baru mendaftar di sekolah kami,” ujar Komariah, kepala MIS Ath-Thohiriyah, Senin, (13/1/2020).

Testimoni Komariah itu terlontar ketika menghadiri kegiatan temu mitra pemangku kebijakan Program PINTAR Tanoto Foundation yang terdiri dari kepala sekolah, pengawas, Dinas Pendidikan, dan Kementerian Agama Kabupaten Batanghari. 

“ Kementerian Agama Kabupaten Batanghari mengapresiasi keberadaan Program PINTAR, siswa madrasah semakin bagus, seperti yang ditunjukkan unjuk karya pembelajaran MGMP dalam rangka HAB bulan lalu,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batanghari, Drs. Al Jufri, M.Pd. 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Batanghari berpesan kepada 26 sekolah dan madrasah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation untuk terus meningkatkan 3 aspek, mulai dari manajemen sekolah, pembelajaran dan budaya baca.

” Dukungan kepala madrasah perlu terus dilakukan, agar berjalan lancar, ini harus menjadi perhatian kita bersama, karena ini sama sama program kita,” katanya.

Heny Haryati, guru MTsN 1 Batanghari mengaku setelah dirinya mengikuti pelatihan Program PINTAR, sesekali menerapkan pembelajaran di luar kelas, "biasanya kan di dalam kelas terus tuh, sekarang anak anak lebih senang karena sesekali belajar di luar kelas, biarkan mereka aktif dan kreatif," ujarnya.

Hasil Pembelajaran aktifpun akhirnya berdampak positif terhadap keberanian siswa, seperti yang ditunjukkan siswa siswa MTsN 1 Batanghari mempresentasikan materi pembelajaran di stand pada acara unjuk karya forum MGMP guru madrasah se Kabupaten Batanghari Desember tahun lalu.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Riyan
Sumber: www.batangharinews.com