Kamis, 20 Februari 2020

SKK Migas dan KKKS Repsol Gunakan Teknologi Mutakhir Survei Udara AGG dengan Pesawat Khusus

Jumat, 24 Januari 2020 - 20:44:15
Istimewa....

Istimewa....


BATANGHARINEWS.COM - SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Repsol South East Jambi B.V akan melaksanakan kegiatan survei udara dengan menggunakan pesawat didesain khusus untuk melaksanakan survei udara dengan penggunaan peralatan yang sarat dengan teknologi mutakhir untuk membaca permukaan tanah dengan tujuan penemuan cadangan baru minyak dan gas bumi.

Selama dua hari, SKK Migas bersama KKKS Repsol South East Jambi B.V. melaksanakan sosialisasi di Kota Jambi pada tanggal 23 Januari 2020 yang kemudian berlanjut di Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun pada tanggal 24 Januari 2020. SKK Migas pun di kesempatan tersebut telah melakukan kunjungan ke Bandara Sultan Thaha Jambi untuk memastikan kesiapan peralatan pesawat dan memastikan kelengkapan perijinanannya.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut SKK Migas menghadirkan Perwakilan-perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi, Dinas ESDM dan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Camat-camat beserta Kepala Desa di 5 Kecamatan wilayah Kabupaten Sarolangun, Tokoh Masyarakat dan Tumenggung Suku Anak Dalam dan dihadiri pula oleh perwakilan unsur TNI/Polri.
Untuk sosialisasi di Kabupaten Sarolangun dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pauh didukung oleh Camat Pauh, Jupri SE.

Pelaksanaan survei udara ini akan dilakukan oleh mitra yang ditunjuk oleh KKKS Repsol, yaitu CGG (Company General DuGeophisic) Aviation Indonesia.

Repsol South East Jambi B.V. adalah KKKS yang merupakan kontraktor kontrak kerjasama yang melaksanakan kegiatan eksplorasi di wilayah kerja / Blok South East Jambi yang sebagian besar berlokasi di Kabupaten Sorolangun, Provinsi Jambi, untuk melakukan kegiatan penemuan cadangan Migas sesuai amanah yang diterima dari pemerintah melalui SKK Migas.
KKKS Repsol akan melakukan kegiatan Airborne Gravity-Gradiometry (AGG) di wilayah udara Kabupaten Sarolangun selama 10 sampai dengan 20 hari tergantung dari kecerahan cuaca setiap harinya.

Survei AGG akan dapat membantu dalam evaluasi kegiatan eksplorasi migas, salah satunya adalah penentuan lokasi kegiatan seismik, yang nantinya kemungkinan berkembang dalam penentuan lokasi sumur eksplorasi migas.

Kegiatan sosialisasi tanggal 23 Januari 2020 di Kota Jambi langsung dipimpin oleh Kepala SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian selatan, Adiyanto Agus Handoyo, dikatakannya "Dalam pelaksanaannya, KKKS Repsol memastikan semua aspek keselamatan dan lingkungan dan memenuhi ijin-ijin yang diperlukan sebagaimana yang berlaku di industri hulu migas serta standard perusahaannya dengan memperhatikan kaidah-kaidah keselamatan yang berlaku di Indonesia dan Internasional."

"Sehingga survei dengan teknologi mutakhir ini sangat aman dan sangat minim gangguan serta tidak menimbulkan potensi yang dapat merusak lingkungan karena akan dilakukan melalui udara dan akan dilakukan dalam tempo jangka waktu yang pendek.

Sementara pada kesempatan sosialisasi yang dilaksanakan di Kantor Camat Pauh Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi pada Jumat 24 Januari 2020, hadir langsung Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Asisten 2 Pemkab Sarolangung Ir Dedi Henri, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel Andi Arie P, Exploration Advisor Repsol Exploration East Jambi B.V Ngakan Alit Ascaria, Camat Pauh Jupri, Danramil 03 Pauh, Danramil Sarolangun, Kapolsek Sarolangun, Kapolsek Pauh, Kapolsek Mandiangin, beberapa perwakilan dari polres, TNI AU serta tokoh masyarakat Kabupaten Sarolangun.

Dalam kesempatan ini Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan, Andi Arie menyampaikan "Mohon dukungan dari semua lapisan masyarakat dan pemangku kepentingan Kabupaten Sarolangun untuk dapat membantu terselenggaranya kegiatan dengan lancar, serta mendoakan bersama agar kegiatan ini berlanjut hingga penemuan cadangan migas yang dapat memajukan Kabupaten Sarolangun."

Sementara itu, Wakil Bupati Sarolangun H. Hillalatil Badri dalam kesempatan yang sama menyampaikan, "Kami menyambut baik kegiatan ini, mengingat dengan adanya operasi migas di wilayah kita maka ini merupakan potensi besar untuk membangun daerah Kabupaten Sarolangun tidak hanya dari dana bagi hasil (DBH) migas saja namun juga dari Program CSR nya bahkan apabila nantinya ditemukan potensi cadangan migas dan melakukan pegeboran, maka diharapkan dapat membuka kesempatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat kita" ujarnya. Diharapkan dalam waktu yang singkat, para camat dan kades serta tokoh masyarakat dapat menyampaikan informasi ini, baik melalui balai desa, tempat ibadah dan kumpulan masyarakat.

Selanjutnya sosialisasi yang dilakukan oleh Exploration Advisor KKKS Repsol Ngakan Alit Ascaria, yang berjalan dengan lancar dan berlangsung interaktif dimana masyarakat yang hadir aktif memberikan pertanyaan terkait hal-hal yang berkenaan dengan kegiatan survei airborne ini.

TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Sarolangun menyampaikan dukungannya bahwa keamanan selama kegiatan berlangsung khususnya di wilayah Air Hitam dan Pauh berjalan aman. Hal serupa juga disampaikan oleh Camat Pauh dan Camat Air Hitam.(*)

 

Penulis: Istimewa
Editor: Riyan