Senin, 17 Februari 2020

Mempercepat Tender, Upaya PUPR Provinsi Jambi Tingkatkan Serapan Anggaran

Rabu, 29 Januari 2020 - 12:09:15
Kadis PUPR Provinsi Jambi, M. Fauzi...

Kadis PUPR Provinsi Jambi, M. Fauzi...


JAMBI - Tidak ingin kelemahan soal serapan anggaran rendah pada tahun 2019 lalu terulang kembali, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi tengah menyiapkan langkah - langkah agar tahun 2020 ini anggaran terserap sesuai dengan target.

Tender dini atau secepatnya dilakukan tender merupakan salah satu langkah agar mencegah terulangnya kelemahan masalampau yang mengakibatkan tingginya SILPA kembali terjadi.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Ir. Muhammad Fauzi MT mengatakan, saat ini beberapa item pekerjaan sudah mulai ditenderkan, semisal dibagian sekretariat untuk jasa kebersihan (Cleaning Servis) dan juga pengamanan.

Untuk bidang lain, lanjut Fauzi saat ini tengah dipersiapkan, seperti Bina Marga (BM) lagi penyusunan berkas, Sumber Daya Air (SDA) sudah disampaikan ke pihak ULP. "Untuk Cipta Karya sudah tayang, sudah siap kita lakukan tender," kata Fauzi saat dihubungi via ponselnya, Rabu (29/1/2020).

Begitu juga dengan tender pekerjaan yang bersifat fisiki seperti pembangunan jalan, jembatan turap dan lain sebagainya, ditargetkan Fauzi terselesaikan sebelum berakhirnya bulan April tahun 2020 ini, sehingga ada rentan waktu yang cukup panjang untuk melakukan pekerjaan.

"Keinginan saya ada perbaikan la, tidak ada lagi tender diujung tahun, kemarin kita hearing dengan DPR sudah kita sepakati," terang Fauzi.

Upaya lain, sebut Fauzi, pihaknya juga mengupayakan lewat rekomendasi agar jangan ada lagi pemenang tunggal karena dinilai sangat berpengaruh pada pemanfaatan waktu. "Kalau pemenang tunggal kita tidak bisa evaluasi, tapi kalau ada pemenang satu dua dan tiga kita tidak perlu tender ulang, cukup dengan evaluasi, ini akan mempersingkat waktu," tutupnya.

 

 

 

Penulis: M. Tami
Editor: Riyan