Jumat, 29 Maret 2024

Bimtek Hari Kedua, Anggota DPRD Batanghari Diberi Pemahaman Terkait TPK dan Makna KKN

Kamis, 30 Januari 2020 - 15:32:30
Anggota DPRD kabupaten Batanghari saat Bimtek hari kedua di hotel Luminor, Jakarta...

Anggota DPRD kabupaten Batanghari saat Bimtek hari kedua di hotel Luminor, Jakarta...

 

BATANGHARINEWS.COM, JAKARTA Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Batanghari, di hotel Luminor Jl. Raya Mangga Besar No.73, Jakarta di hari kedua pada Kamis (30/1/2020) kemarin berjalan dengan lancar.

Di hari kedua ini, pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Batanghari diberi pemahaman terkait Tindak Pidana Korupsi (TPK), makna Kerugian Keuangan Negara (KKN), penyadapan lawfull interseption dan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pasca UU Nomor 19 tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dimana materi terkait tindak pidana korupsi, makna kerugian keuangan negara, penyadapan lawfull interseption dan OTT pasca UU Nomor 19 tahun 2019 tentang KPK itu, disampaik secara langsung oleh bapak Aulia Rachmat dari BPK RI.

Untuk diketahui bimtek pendalaman tugas bagi pimpinan dan anggota DPRD Batanghari terkait mekanisme penyusunan dan evaluasi penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah. Juga pemahaman terkait laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah (LEPPD).

Tentunya dengan tujuan memberikan pemahaman kepada anggota DPRD dalam mengoptimalisasi peran dan strategi pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga DPRD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batanghari.

Sehingga dengan penguatan tugas dan fungsi itu, maka akan semakin kuat sinergitas dan kerja sama yang baik antara legislatif maupun eksekutif.

“Dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten, tentunya saran, masukan dan kritisi dalam pembelajaran yang diberikan ke depannya guna menuju keberhasilan DPRD Batanghari ke depan,” kata anggota DPRD Batanghari, Adison.

“Mudah-mudahan materi yang didapatkan dalam bimtek ini dapat diimplementasikan dalam tugas sebagai wakil rakyat. Kami harapkan, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini bisa memperkuat tupoksi dewan,” pungkasnya.

 

 
Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan