Senin, 21 September 2020

UNBK di Batanghari Sepuluh SMAN Pinjam Komputer ke Siswa Hingga Menyewa

Senin, 24 Februari 2020 - 14:40:18
Kepsek SMAN 7 Batanghari Muhammad Helmi,S.Pd

Kepsek SMAN 7 Batanghari Muhammad Helmi,S.Pd

MUARABULIAN - Siswa- siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di kabupaten Batanghari akan melaksanak Ujian Nasional (UN) 2019/2020. Diketahui SMA Negeri di Batanghari sudah seratus persen melaksnakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

 
Namun dalam pelaksnaanya SMA Negeri di Kabupaten Batanghari ternyata hanya ada satu sekolah yang memiliki sarana prasana Komputer UNBK yang lengkap. Sedangkan sepuluh SMAN lainya melengkapi dengan cara meminjam ke siswa atau sewa.
 
Ketua musyawarah kerja kepala sekolah SMA Negeri di kabupaten Batanghari membenarkan hal ini. Dari 11 SMAN yang ada di wilayah kabupaten Batanghari sepuluh memiliki sarana perangkat ujian yakni komputer yang masih kurang. " Hanya ada satu yang lengkap sarana komputernya yaitu SMAN 2 Batanghari," ujar Muhammad Helmi,S.Pd, Senin (24/02/2020).
 
Ia menjelaskan, Untuk SMA yang melaksanakan UNBK sudah seratus persen. Meski masih kekurangan sarana komputer UNBK, tetap diupayakan agar ujian berbasis komputer ini tetap terlaksana. Meskipun, sekolah menyewa komputer ke luar. Bahkan, kadang-kadang orang tua siswa dipanggil agar dapat meminjamkan PC/Laptop agar telaksananya UNBK ini.
 
" Inikan dilakukan untuk terlaksannya UNBK, ini adalah langkah yang harus dilakukan oleh kepala sekolah, tujuannya jelas untuk ujian anak-anak kita bersama," kata Kepsek SMAN 7 Batanghari ini.
 
Ditanya soal kesiapan UNBK ini, Helmi menjelaskan, SMAN di kabupaten Batanghari telah melakukan proses-proses menjelang ujian, seperti Simulasi selama tiga hari. " Hari ini (kemarin-red) hingga tiga hari kedepan siswa melakukan simulasi," ucapnya.
 
Selain itu, menjelang ujian yang sebenarnya dilaksanakan adalagi proses Pra ujian (try out) untuk mengukur kemampuan siswa dalam menjawab soal. " Kalau simulasi bagaimana siswa mengoperasikan perangkat, dari login hingga tatacara menjawab soal, sedangkan pra ujian siswa akan di ujikan dengan soal-soal serta melihat sejauh mana kemampuan siswa," papar Helmi.
Penulis: Kms Chairudin
Editor: Chairudin
Sumber: www.batangharinews.com