Minggu, 24 Januari 2021

Pemkab Tanjabbar Siapkan Anggaran Rp 5,3 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Sabtu, 04 April 2020 - 16:30:15

 

TANJAB BARAT – Untuk membantu penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat menyiapkan dana sebesar Rp 5,3 miliar yang akan digunakan sepenuhnya pada upaya tersebut.

Anggaran sebanyak itu belum termasuk dana cadangan yang sedang dalam proses persiapan. 

Sekda Tanjab Barat selaku Ketua TAPD Tanjab Barat, Agus Sanusi mengatakan, Pemkab Tanjabbar juga telah menyiapkan dana angaran cadangan untuk penanganan Covid-19 dengan kisaran mencapai Rp 2 Miliar.

"Dana yang kita geser itu mencapai Rp 5,3 miliar akan gunakan sepenuhnya untuk penanganan covid-19," ungkap Sekda Tanjab Barat, Agus Sanusi.

Dia menegaskan, dana Rp 5,3 miliar itu akan digelontorkan untuk membeli dan menyediakan perlengkapan medis, penyemprotan dan sejumlah kegiatan lainnya. 

"Dana itu nantinya untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Selain itu, dana cadangan juga kita siapkan ada sekitar Rp 2 miliaran saat ini," ujarnya.

Dana sebesar Rp 7,3 miliar itu, kata dia, belum termasuk anggaran dana di Dinas Kesehatan dan RSUD yang lebih dulu digerakan untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 sejak beberapa pekan terakhir. 

Belum lama, RSUD Daud Arif Kualatungkal menerima bantuan 45 alat Rapid Tes dan Swap Tes untuk melalukan pengecekan suhu tubuh dan memeriksa sampel pasien. "Jadi tidak perlu lagi bawa sampel ke Jakarta, sekarang sudah ada rapid tes," kata Sekda.

Terpisa Juru bicara  gugus tugas covid 19 Tanjung Jabung Barat, Taharudin mengatakan Anggaran sudah tersedia 5,3 M.dana tersebut didapat dari pergeseran belanja perjalanan dinas semua OPD," ujarnya.

Ia juga menegaskan sumber anggaran itu murni dari pemerintah melalui pengalihan belanja perjalanan dinas setiap OPD, tidak ada sumber lain baik dari DPRD, ataupun lembaga tertentu lainnya," paparnya.

 

Penulis: Deni Yusni
Editor: Riyan