Jumat, 22 Januari 2021

Covid-19, Jumlah Calon Pendaftar Haji di Kankemenag Batanghari Menurun

Jumat, 10 April 2020 - 09:10:22
Kasi PHU pada Kankemenag Batanghari, M Haris...

Kasi PHU pada Kankemenag Batanghari, M Haris...

 

MUARABULIAN - Calon pendaftar haji di kabupaten Batanghari tahun ini menurun. Ini tidak lain dampak mewabahnya penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia bahkan dunia.

Menurunnya calon pendaftar haji ini diakui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah pada kantor Kementerian Agama kabupaten Batanghari, H. M Haris, saat dikonfirmasi media ini pada Selasa (7/4/2020).

“Iya, jumlah yang daftar haji jauh menurun. Ini tidak lain dikarenakan dampak mewabahnya virus Corona saat ini,” ujar Haris.  

Haris mengaku, meskipun calon pendaftar haji menurun, tetapi pelayanan haji di kantor Kemenag Batanghari tetap berjalan seperti biasa.

“Meski calon pendaftar haji itu menurun, tetapi pelayanan kita tetap berjalan,” kata Haris.

“Bukan minat naik haji nya yang menurun, tapi pendaftarnya yang menurun,” tambah Haris menjelaskan.

Terkait untuk pemberangkatan haji reguler pada tahun ini, diakui Haris saat ini pihaknya masih mengacu pada ketentuan dari pemerintah pusat, dan belum ada informasi penundaan keberangkatan haji reguler tersebut.

Dimana terkait proses pemberangkatan haji reguler tahun ini, baik proses pembuatan paspor, vaksin terhadap calon jamaah haji, dikaui Haris sudah selesai. “Saat ini calon haji reguler sedang dalam proses pelunasan biaya penyelenggara ibadah haji (BPIH) dan jadwal bimbingan manasik haji sebanyak 10 kali, dengan rincian, 8 kali di tingkat kecamatan dan 2 kali tingkat kabupaten,” ujar Haris.

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan