Rabu, 3 Juni 2020

Pemerintah Desa Sungai Puar Serahkan Bantuan BLT-DD

Kamis, 07 Mei 2020 - 12:01:14

BATANGHARINEWS.COM, MERSAM - Pj. Kepala Desa Sungai Puar menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) secara simbolis, kepada 15 warga Desa Sungai Puar, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, sebagai penerima yang telah didata oleh Tim Relawan dan gugus tugas COVID-19.

Bantuan langsung Tunai yang diberikan oleh Pemerintah Desa Sungai Puar tersebut bersumber dari Dana Desa sebesar Rp 600.000 per Kepala Keluarga (KK) yg telah diatur dalam Permendesa PDTT No 6 Tahun 2020 yang merupakan revisi Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Yang dibayarkan terhitung bulan April, Mei dan Juni. Kegiatan penyerahan secara simbolis ini dilaksanakan diaula kantor Desa Sungai Puar Kamis (07/05/2020).

Turut hadir pada acara penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT-DD) tersebut, Kasi Pemerintahan Kecamatan Mersam, Ketua BPD beserta Anggota, Jajaran Perangkat Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, RT, LKD serta para relawan desa melawan COVID-19.

Pj. Kepala Desa Sungai Puar dalam sambutannya menyampaikan, penetapan jumlah penerima yang layak menerima BLT-DD berdasarkan hasil validasi dan finalisasi Sebanyak 110 KK dengan anggaran Rp.198.000.000,- di Desa Sungai Puar telah sesuai aturan yang ada, pembayaran BLT-DD pada hari ini untuk bulan April.

Keterlambatan ini dikarenakan kita masih menunggu proses dan perbaikan data penerima agar tidak tumpang tindih dengan program bantuan lainnya yaitu Bantuan Batanghari Tunai (BBT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yg dikeluarkan oleh kementerian sosial Republik Indonesia serta menunggu transfer Dana Desa Tahap II (dua) yg alhamdulillah menjadi yang pertama kita terima pada hari senin tanggal 4 Mei kemarin.

"Kami berharap bantuan ini digunakan oleh penerima dengan sebaiknya ditengah pandemi Covid-19 dan dihadapan perlambatan pertumbuhan ekonomi yang terjadi saat ini,” jelas Suherni.

Pj. Kepala Desa juga menghimbau kepada seluruh warga Desa Sungai Puar untuk tetap menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta selalu mengikuti anjuran Pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini.

“Selalu menggunakan masker jika bepergian keluar rumah dan menghindari keramaian,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Camat Mersam diwakilkan oleh Kasi. Pemerintahan Kecamatan, Leni, SE mengimbau agar pemerintah Desa segera mencairkan bertahap, sesuai dengan dana yang ada dan mohon semua pihak agar dapat mengawasi penerima yang sudah ditetapkan, serta dana yg diberikan agar dapat di gunakanlah sesuai dengan keperluan selama bulan Ramadhan ini," ujarnya.

 

Penulis: Elmir Rayyan/Istimewa
Editor: Riyan