Sabtu, 4 Juli 2020

Soal BLT, Warga Sumber Agung Tuntut Kepala Desa Mundur

Rabu, 27 Mei 2020 - 15:13:52
Soal BLT warga Sumber Agung tuntut Kepala Desa Mundur

Soal BLT warga Sumber Agung tuntut Kepala Desa Mundur

 

MERANGIN - Gara-gara Bantuan langsung tunai (BLT) dan pengelolaan Dana Desa (DD) yang tidak transparan, ratusan masyarakat desa mendesak Kepala Desa Sumber Agung, Kecamatan Margo Tabir, Priyanto untuk mundur dari jabatannya. Menurut warga, pendataan masyarakat penerima BLT serampangan, sehingga orang yang betul-betul harus mendapat bantuan teryata tidak mendapatkan sama sekali.

“Kedatangan kami ke kantor desa ini ingin menanyakan dan menuntut keadilan karena banyak masyarakat yang harus dibantu dengan diberi BLT tenyata tidak menerima samasekali. Sementara orang kaya rumahnya permanen serta punya kebun sawit mendapat bantuan,” ujar Abu Toyib selaku kordinator aksi, dalam orasinya Rabu (27/5/2020).

Menurut Bang Toyib, dia merasa terpanggil dan ingin membantu masyarakat yang miskin mendapat  bantuan BLT, namun sayang karena tidak terdata mereka tidak mendapatkan bantuan.

Sementara warga lainnya mengatakan merasa kesal karena ketika ditanyakan kepada kepala desa Sumber soal data BLT, kepala desa tidak memberikan keterangan yang transparan. “Beberapa hari yang kalu kami bersama teman-teman lainnya mengajukan beberapa pertanyaan kepada kepala desa anehnya jawaban dari kepala desa tidak nyambung dengan pertanyaan kami,” ungkapnya.

Aksi demo warga Sumber Agung, Kecamatan Tabir tidak hanya menuntut Kepala Desa Priyanto untuk mundur namun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sumber Agung diminta warga untuk mundur. Selama jalannnya aksi demo dijaga aparat Kepolisan dari Polres Merangin dipimpin langsung Kapolres Merangin AKBP M. Lutfi. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Merangin juga ada dilokasi. 
Penulis: Doni Sobri
Editor: Riyan