Jumat, 22 Januari 2021

YLKI Akan Lakukan Somasi Agen dan Pangkalan Gas LPG 3 Kg di Tanjabbarat

Selasa, 09 Juni 2020 - 13:51:50

TANJAB BARAT - Berkaitan dengan keresahan masyarakat kabupaten Tanjab Barat, khususnya terkait tingginya harga Gas dan kelangkaan Gas LPG 3 Kg, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Tanjab Barat, Hamka angkat bicara.


Hamka meminta kepada pelaku usaha pangkalan-pangkalan Gas LPG 3 Kg untuk tidak menjual diatas Het.


"Saya akan layangkan surat somasi kepada pangkalan dan agen sesuai UU Konsumen No 8 Tahun 99, dari YLKI," tegas Hamka, Selasa (9/6/20).


Saat ini, kata Hamka, YLKI terus melakukan pengawassan di sejumlah pangkalan.

"Kita terus melakukan pengawassan, untuk mengumpulkan data-data akurat agar surat somasi nantinya kita layangkan tidak mental dan bisa segera ditindak. Tujuan laporan ini tidak lain untuk memberikan efek jera kepada pangkalan yang nakal, karena kita risih sudah banyak mendengar laporan dan keluhan dari para kosumen terkait LPG 3 kg ini," kata Hamka.

Selama ini kita masih berikan toleransi, selalu mengedepan koordinasi sama pihak terkait, namun tidak ada juga kita nilai ada perubahan. Untuk itu salah satu cara kita ambil langkah melaporkan kepada pihak berwajib yang memiliki kewengan untuk memprosesnya," tambah Hamka.


Menurut Hamka, sudah banyak laporan ke pihaknya bahwa di berbagai di kecamatan, khususnya kabupaten Tanjabbarat masih terdapat kelangkaan Gas LPG 3 Kg. Jika pun ada, harganya sangat melambung tinggi, melampauhi harga HET," ujar ketua YLKI Tanjab Barat saat menghadiri Hearing bersama Anggota Dewan Komisi ll DPRD Tanjabbarat, pemkab, dinas Koprindag dan para agen, Senin (8/6/20) kemarin.

 

Penulis: Deni Yusni
Editor: Riyan