Kamis, 18 April 2024

Tahun Ajaran Baru 2020 /2021 di Batanghari Siswa Tetap BDR

Senin, 13 Juli 2020 - 10:41:54
Foto : Ilustrasi.docdrive

Foto : Ilustrasi.docdrive

MUARABULIAN - Berdasarkan kalender penddikan dan kebudayaan tahun pelajaran 2020/2021 di kabupaten Batanghari, Senin 13 Juli 2020 siswa sudah dimulai masuk sekolah. Namun, dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19, kegiatan siswa di sekolah ditetapkan dilaksanakan Belajar dari Rumah (BDR).

Meski demikian, dihari awal masuk sekolah ini, diganti dengan pertemuan orang tua. Hal itu ditegaskan Bupati Batanghari melalui Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batanghari Agung Wihadi dalam surat edaran Nomor 421/1493/DD/PDK/2020 tanggal 10 Juli 2020.

Dalam poin pertama edaran yang dilayangkan ke seluruh sekolah di Batanghari tersebut. Pada agenda kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) bagi siswa ditiadakan pada tahun ajaran periode 2020/201.

" Meski tidak ada PLS bagi siswa baru, kegiatan itu diganti dengan pertemuan dengan orang tua/wali murid, sampai batas waktu 18 Juli 2020 nanti," ujar Kadisdik Batanghari Agung Wihadi, Senin (13/07/2020).

Lanjut ia menegaskan, kegiatan pertemuan tersebut beralaku untuk seluruh tingkatan. Akan tetapi teknisnya dalam pertemuan akan dilakukan secara bertahap bagi wali murid pada setiap tingkatannya.

" Untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan yang besar, itu dilakukan agar sekolah menjelaskan kepada orang tua terkait opini soal belum belajar ke sekolah untuk anak-anak kita," cetusnya.

Pertemuan yang dilakukan kata Kadisdikbud Batanghari tentunya tidak terlepas dari melaksnakan protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

" Kita berharap sekolah mematuhi aturan ini, untuk dijadikan pedoman pembelajaran pada tahun ajaran 2020/2021 ini sampai batas waktu yang belum dapat di tentukan," pungkas Agung.

Terkati, Pemebelajaran jarak jauh, Agung menegaskan, khususnya kepala sekolah dapat mengkordinir kegiatan pembelajaran setiap hari senin, jika libur maka disesuaikan. Selain itu, Kepsek juga harus mengkordinir Guru dalam melakukan pembimbingan belajar jarak jauh pada hari selasa s/d Jum'at secara daring/luring.

" Pada hari sabtu, Guru diminta melakukan evaluasi pembelajaran, jika waktu libur maka disesuaikan," tandasnya.


Penulis: Kms Chairudin
Editor: Elmirayyan