Sabtu, 28 November 2020

Pilkada di Batanghari, Tiga Paslon Resmi Mendaftar Ke KPU

Senin, 07 September 2020 - 16:51:00
Istimewa

Istimewa

 

MUARABULIAN - Tiga pasangan bakal calon kepala daerah (bacakada) di kabupaten Batanghari, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari. Pasangan Firdaus-Camelia menjadi yang terakhir yang melakukan pendaftaran.

Sehari sebelumnya, pasangan Fadhil-Bakhtiar dan pasangan Yunninta-Mahdan di hari pertama dibukanya pendaftaran telah mendaftar. Berkas ketiga bacakada ini pun dinyatakan diterima oleh KPU Batanghari.

Berdasarkan informasi yang diterima media ini dari Ketua KPU Batanghari, A Kadir di Kantor KPU Batanghari menyebutkan, setelah menerima pendaftaran bakal pasangan calon Bupati Batanghari pada Pilkada 9 Desember 2020 nanti, KPU akan melakukan verifikasi keabsahan berkas calon, seperti ijazah dan SKCK-nya.  

Ketua KPU Batanghari, A Kadir mengatakan, sampai ditutup masa pendaftaran pada pukul 24.00 wib, dipastikan yang melakukan pendaftaran bacalon bupati dan wakil bupati Batanghari pada pemilihan serentak 2020  hanya di ikuti 3 paslon.            

Dimana saat ini KPU masih melakukan verifikasi berkas calon dan hasil verifikasi akan diumumkan pada 13-14 September 2020. Selain itu, saat ini 3 bakal calon bupati dan wakil bupati masih melakukan tes kesehatan dan bebas narkoba.

“Alhamdulillah tiga pasangan sudah mendaftar semua dan telah diterima. Tapi masih akan diverifikasi keabsahan berkas calon, seperti ijazah dan SKCK-nya,” kata Ketua KPU Batanghari, A Kadir kemarin.

Pihak KPU menyebut, dari tiga bacakada yang sudah mendaftar itu, seluruh dukungan partai dan kursi di DPRD Batanghari telah terbagi, sehingga jika dilihat dari jumlah bacakada yang sudah mendaftar, maka pilkada di Batanghari hanya akan diikuti oleh tiga bacakada.

Saat melakukan pendaftaran, bakal calon Bupati Batanghari, Yunninta Asmara, SH mengaku lega setelah semua berkas yang dimasukkannya telah diterima oleh KPU. Dalam wawancaranya, Yunninta menyampaikan syukur Alhamdulillah proses sudah berjalan dengan lancar.

“Sekarang kita sama-sama berdoa semoga Pilkada ini Pilkada damai sampai dengan pelaksanaan 9 Desember 2020 nanti,” ujar Yunninta.

Dia juga berujar, selain melengkapi bahan dan sebagainya, pihaknya juga akan melalui tahapan tahapan untuk persayaratan dari KPU untuk melaksanakan Pilkada nanti, dan juga pihaknya masih menunggu dari KPU persayaratan apa yang harus dilengkapi.

“Tapi saya rasa dan yakin, mudah-mudahan kami sudah melengkapi bahan-bahan untuk pendaftaran di KPU ini, dan Alhamdulillah kami juga merupakan Bacalon pasangan yang pertama dan urutan terdepan untuk mendaftar di KPU lembaga resmi ini,” kata Yunninta.

“Saya yakin dan percaya bahwa lembaga KPU yang resmi ini tentunya mempunyai integritas yang tinggi, mandiri dan jujur serta professional,” tambah Yunninta.

Yunninta juga berpesan kepada seluruh kader dan semua masyarakat Batanghari tentunya kader kami berjuang dengan sepenuh hati untuk membangun kabupaten Batanghari, tentunya dengan visi dan misi yang di buat,” harapnya.

Begitu juga disampaikan bakal calon Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief. Fadhil juga mengucapkan terimakasih kepada semua tim relawan dan seluruh simpatisan yang rela meluangkan waktunya hari ini mengantar dirinya bersama Bakhtiar ke kantor KPUD Batanghari.

“Saya sangat terharu sekali dan lega melihat antusias masyarakat yang sejak pagi hingga sore menemani kami. Berkat do'a dan perjuangan bersama semuanya berjalan lancar menjalankan segala sesuatunya dengan ikhlas dan dengan hati yang senang, sampai saat ini kami masih diberi kemudahan sama Allah SWT,” ucap Fadhil di KPU Batanghari.  

Sama halnya disampaikan bakal calon Bupati Batanghari, dr. Firdaus. Kepada media dia mengatakan, bahwa pemberkasan telah di terima KPU Batanghari.

“Alhamdulillah saya bersma Ibu Camelia telah mendaftar ke KPU Batanghari. Untuk berkas sendiri, sudah diterima dengan baik oleh KPU,” ujarnya.

Firdaus bilang, pihaknya tengah menunggu proses selanjutnya. Tak lupa, Firdaus juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tim dan simpatisan.

“Terimakasih banyak kepada seluruh tim dan simpatisan yang tetap solid. Terimakasih atas sambutan yang luar biasa. Itu pertanda kemenangan akan segera diraih,” demikian Firdaus. 

Untuk diketahui pasangan Yunninta-Mahdan diusung oleh empat partai politik, yakni Golkar, PDI-P, Perindo dan Gerindra. Fadhil-Bakhtiar juga diusung empat partai, yakni PPP, Nasdem, PKB dan Gelora. Sedangkan Firdaus-Camelia diusung tiga partai politik, yakni PAN, PKS dan Demokrat.

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan