Senin, 21 September 2020

Ratusan Guru Belum Nikmati Tunjangan Sertifkasi

Rabu, 09 September 2020 - 14:17:02
ilustrasi

ilustrasi

MUARABULIAN - Data penerima tunjangan sertifikasi Guru ditahun 2020 cuma sebanyak 1.340 orang. Masih banyak Guru yang belum menikmati tunjangan mengajar tersebut.

Berdasarkan data jumlah Guru di dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Batanghari ada hingga agustus 2020 tercatat sebanyak 2.240 Guru PNS, termasuk yang diangkat baru.

Dilihat dari jumlah tersebut ada sebanyak 900 orang yang tidak mendapat tunjangan sertifikasi. Namun demikian, jumlah tersebut tidak mutlak bisa menerima. Pasalnya, ada empat ratus Guru yang belum strata satu.

" Sembilan ratus yang disebutkan itu, 400 orang memang tidak bisa mendapat tunjangan apa-apa. Sedangkan 500 Guru sisanya mendapat tunjangan tambahan penghasilan," ujar Kabid Guru Tenaga Kependikan Disdikbud Batanghari Yaakin,S.Pd. Senin (24/08/2020) kemarin.

Dijelaskan kabid GTK bahwa terdapat 1.340 yang mendapat tunjangan sertifikasi dari pemerintau pusat. Masih banyak Guru yang belum mendapat seritikasi berkisaran 400 orang.

" Karena sisanya tersebut syaratnya ada yang belum terpenuhi. Seperti jam mengajar 24 jam dan belum memiliki surat keterangan jaminan fungsional," jelas Kabid Yaakin.

Selain itu, ditahun 2020 ini juga ada pengurangan penerima tunjangan mengajar ini. Dikarenakan ada yang pensiun. Diperkirakan hingga akhir tahun ini ada sebanyak 20 Guru penerima seritifikasi di Kabupaten Batanghari yang berkurang.

Untuk persoalan Guru yang belum mendapat tunjangan, Disdikbud hanya sebagai penerima data jika syarat penerima tunjangan tersebut sudah terpenuhi.

" Jadikan, alurnya itu Guru bersangkutan memenuhi syarat yang berlaku dan sinkron ke pusat. Barulah pusat akan menampilkan dalam data penerima, kemudian disdikbud mengkoordinasikan dengan Guru bersangkutan sebagai penerima tunjangan tersebut," tegasnya. (

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Elmirayyan