Sabtu, 28 November 2020

Ditengah Pandemi, Rahima Ajak PKK Kampanyekan Penggunaan Masker

Sabtu, 19 September 2020 - 20:48:00
Istimewa

Istimewa


TANJAB TIMUR - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori mengemukakan dan menekankam agar kader PKK tidak bosan-bosannya mengampanyekan penggunakan masker kepada masyarakat. Kampanye penggunaan masker yang dimaksudkannya, aktif melakukan sosialisasi penggunaan masker dan aktif menunjukkan keteladanan dalam menggunakan masker, tentunya disertai dengan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19. Hal tersebut disampaikan Rahima dalam Roadshow Gerakan Bersama Memakai Masker (Gebrak Masker) PKK di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Supervisi dari TP PKK Provinsi Jambi, Jumat (18/9/2020) siang.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Jambi memberikan masker secara simbolis kepada Ketua TP PKK Kabupaten Tanjung Timur, Ketua Bhayangkari Tanjung Jabung Timur, Ketua Persit Tanjung Jabung Timur, para camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Tanjung Jabung Timur?

Rahima mengatakan, TP PKK Provinsi Jambi telah melakukan pembagian masker kepada masyarakat sejak April 2020, namun dipertegas lagi untuk menjadi gerakan massif se nasional, dengan inisatif Kementerian Dalam Negeri Repulik Indonesia bekerja sama TP PKK Pusat, yang dinamakan Gebrak Masker, yang dicanangkan pada 17 Agustus 2020, bersamaan dengan momen peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

Rahima menjelaskan, dalam kondisi maraknya wabah dan kasus Covid-19, semua orang dan seluruh pihak harus sama-sama menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19: mamakai masker ketika di luar rumah, mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir, dan menjaga jarak. Maka dari itu, Rahima mengungkapkan, menyikapi pandemi Covid-19, TP PKK harus memberikan partisipasi nyata kepada masyarakat, diantaranya Gebrak Masker. “Kader PKK harus turut mencegah penularan Covid-19,” tegas Rahima?

Rahima menambahkan, dalam menghadapi pandemi Covid-19, ajaran agama yakni menjadikan kebersihan sebagai bagian dari iman harus dipatuhi dan diterapkan. Dan, hal itu juga bersesuaian dengan salah satu program PKK, yakni Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Rahima mengajak kader TP PKK se Provinsi Jambi menyukseskan pembagian sejuta masker se Provinsi Jambi. Selain itu, Rahima mengapresiasi antusias kader TP PKK Kabupaten Tanjung Timur dalam merespon Gebrak masker.

Staf Ahli Bupati Tanjung Jabung Timur Bidang Politik dan Hukum Drs.Imron,M.TP mewakili Bupati Tanjung Jabung Timur mengatakan, Gebrak Masker merupakan aksi nyata dalam mencegah penularan Covid-19.

Imron mengemukakan bahwa Gebrak Masker juga harus menekankan pemakaian masker yang benar, dan berharap agar PKK bisa menyosialisasikan bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam menekan penularan Covid-19?

Imron mengatakan, Pemerintah telah memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat, guna meringankan beban masyarakat yang sangat terdampak Covid-19.

Ketua TP PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Hj.Wirdayanti Romi mengemukakan, cuci tangan menggunakan sabun bukan hanya karena Covid-19, tetapi menjadikannya sebagai kebiasaan, untuk hidup bersih dan sehat.

Wirdayanti mengungkapkan, PKK turut mendorong terwujudnya masyarakarat yang bersih, sehat, dan rukun, dan kader TP PKK harus memberikan keteladanan.

Wirdayanti menegaskan bahwa TP PKK Tanjung Jabung Timur bertekad menyukseskan Gebrak Masker, untuk menekan penularan Covid-19.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima beserta Ketua TP PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur menuju RT 03 Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Timur untuk mendistribusikan masker kepada kader TP PKK dan kepada masyarakat.



 

Penulis: Temi
Editor: Riyan
Sumber: Humas Pemprov Jambi