Jumat, 29 Maret 2024

SKK Migas – PetroChina Peduli Pendidikan, dari Perpustakaan hingga Beasiswa

Kamis, 12 November 2020 - 10:07:19

 

TANJAB BARAT - Para siswa di Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat sudah delapan bulan tidak belajar tatap muka di sekolah. Sejak pandemi Covid-19, sekitar dua ribu anak di desa itu belajar dari rumah.

Sebagai upaya pencegahan Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memang memberlakukan pembelajaran jarak jauh untuk para siswa berbagai jenjang pendidikan. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas berkumpul dan bepergian.

Kondisi ini memengaruhi berbagai kegiatan literasi di Pustaka Gajah Bina Mandiri, perpustakaan milik desa yang pada bulan Juli ini ditetapkan sebagai perpustakaan desa terbaik tahun 2020 di Provinsi Jambi.

Kepala Desa Terjun Gajah Anto Hasibuan dan pengurus perpustakaan pada bulan Agustus mengajukan proposal perpustakaan keliling (perpusling) berbentuk sepeda motor yang dimodifikasi ke SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. “Kami berharap perpustakaan keliling ini bisa menjangkau semua dusun di Desa Terjun Gajah,” kata Anto.

Anto berharap warganya dapat memaksimalkan keberadaan perpusling ini. “Saya berharap anak-anak bisa tetap belajar dan tidak ketinggalan pelajaran. Warga lain juga bisa menambah pengetahuan dari buku-buku yang ada di sini,” jelasnya.

Vice President HR & Relations PetroChina Dencio Renato Boele berkata perusahaannya mendukung berbagai upaya meningkatkan literasi di sekitar wilayah Blok Jabung.

“Sebagai operator Blok Jabung, kami berkomitmen untuk melaksanakan berbagai program tanggung jawab sosial di bidang pendidikan, termasuk menyediakan perpustakaan keliling,” ujarnya.

Tahun 2018 SKK Migas – PetroChina menyerahkan masing-masing satu unit mobil perpusling ke Pemkab Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur. Tahun 2019 Pemkab Tanjung Jabung Barat kembali menerima satu unit mobil perpusling.

“Perpusling merupakan bentuk dukungan kami untuk program-program pendidikan nonformal. Masing-masing unit kami lengkapi dengan koleksi buku untuk berbagai usia,” tambahnya.

Perpusling motor untuk perpustakaan Gajah Bina Mandiri diserahkan secara simbolis pada Oktober 2020. Saat ini, perpusling motor ini mulai mengunjungi satu demi satu dusun di Desa Terjun Gajah. Di tengah pandemi Covid-19, perpusling ini hadir membawa ratusan buku ke berbagai pelosok desa.

Pengelola Perpustakaan Terjun Gajah, Wulandari menyebutkan, operasional perpustakaan keliling ini dibagi tiga tahap.

“Senin dan Selasa ke Dusun I, Rabu dan Kamis ke Dusun II, Jumat dan Sabtu ke Dusun III. Bantuan ini sangat bermanfaat dan tepat guna,” katanya.

Ketika perpustakaan keliling datang di Dusun Betara 8, anak-anak antusias menyambutnya. Puluhan anak menyerbu kendaraan perpusling dan segera memilih bacaan kesukaan masing-masing.

Antusiasme anak-anak ini menyambut kehadiran perpusling menunjukkan tingginya semangat gemar membaca di Desa Terjun Gajah.

Nanda Martua Hasibuan, 12 tahun, mengaku senang dengan adanya perpustakaan keliling ini. Nanda bisa mendapat tambahan ilmu, dan bisa membaca buku bersama teman-teman sebayanya.

“Banyak pilihan buku-buku di perpusling ini yang sesuai sesuai selera saya. Semoga perpusling ini lebih sering datang ke sini,” kata siswa kelas 1 SMP Negeri 3 Atap Betara.

Hal senada disampaikan Syahira Aulia Harahap, 10 tahun. Syahira senang masih bisa membaca buku-buku kegemarannya, tanpa harus datang ke perpustakaan di kantor desa.

Siswi SD Al Falah Kota Jambi ini sudah lama pulang ke rumah orangtuanya di Desa Terjun Gajah. Selama sekolah dari rumah, Syahira lebih suka membaca buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling di desanya. Buku-buku cerita menarik membuat bocah yang suka membaca sejarah nabi ini terhibur.

Manfaat perpustakaan keliling bantuan PetroChina juga dirasakan oleh para orangtua. Di tengah pandemi Covid-19, banyak orang tua yang khawatir anaknya beraktivitas di luar rumah.

“Kalau membaca buku di perpusling, anak-anak bermain tidak jauh dari rumah,” kata Tuti Ariani, seorang ibu rumah tangga. “Buku-buku yang dimiliki perpustakaan ini juga dapat membantu anak-anak belajar.”

Beasiswa untuk Siswa Berprestasi dan Tidak Mampu

Kepedulian SKK Migas – PetroChina untuk para siswa yang tinggal di sekitar wilayah Blok Jabung juga diwujudkan dalam bentuk bantuan biaya pendidikan.

“Fokus utama SKK Migas – PetroChina adalah mendukung upaya-upaya pemerataan akses dan kesempatan belajar, demi peningkatan taraf hidup masyarakat lokal. Salah satunya dengan pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi dan siswa dari keluarga tidak mampu,” kata Dencio.

Program penyediaan beasiswa ini telah berjalan sejak tahun 2016. Tahun ini, beasiswa diberikan kepada 992 siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Nilai beasiswa yang diberikan bervariasi, sesuai jenjang pendidikannya. Untuk tingkat SD diberikan Rp 800 ribu per orang, tingkat SLTP Rp 1 juta, dan SLTA Rp 1,2 juta per orang.

Rinciannya, untuk siswa SD tidak mampu 680 orang, siswa SLTP tidak mampu 189 orang, siswa SD berprestasi 15 orang, siswa SLTP berprestasi 41 orang, dan siswa SLTA tidak mampu 67 orang.

Peluncuran program beasiswa dari SKK Migas – PetroChina dilakukan secara simbolis oleh Pjs Bupati Tanjung Jabung Timur Varial Adhi Putra di Ruang Pola Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur, Kamis, 5 November 2020. Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim Junaidi Rahmad serta perwakilan kepala sekolah dan penerima beasiswa juga menghadiri acara terbatas tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang tahun ini menjadi mitra SKK Migas – PetroChina dalam menyalurkan beasiswa,” ujar Dencio, yang menghadiri acara tersebut secara virtual.

Menurut Dencio, selain beasiswa, PetroChina juga mendukung program Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik SD sebanyak 40 orang, dan Tenaga Pendidik SMP 40 orang.

Program lain PetroChina di bidang pendidikan adalah mendukung kegiatan literasi, termasuk penyediaan perpustakaan keliling. Disamping itu juga rutin menyediakan kesempatan magang dan kerja praktik di Lapangan Jabung maupun kantor PetroChina di Jakarta bagi para mahasiswa berbagai jurusan.

“PetroChina berharap program-program tanggung jawab sosial di bidang pendidikan mampu menciptakan generasi cemerlang yang mampu menjawab tantangan zaman,” ujar Dencio.

Pejabat Sementara Bupati Tanjung Jabung Timur, Varial Adhi Putra, sangat berterima kasih kepada SKK Migas – PetroChina yang memberi motivasi dan peduli pada dunia pendidikan di Tanjung Jabung Timur.

Varial berharap program bantuan beasiswa dan program lainnya dari PetroChina mampu menjamin peserta didik melanjutkan pendidikan sampai tamat. Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur berharap program beasiswa dapat menarik siswa putus sekolah kembali mendapatkan layanan pendidikan.

Menurut Varial, bantuan beasiswa dari PetroChina ini sangat bermanfaat di tengah pandemi Covid-19. “Ini sangat membantu, karena kondisi sekarang banyak keluarga tidak mampu makin kesulitan dalam masalah ekonomi,” tambah Varial.

“Gunakanlah beasiswa ini untuk menunjang keperluan sekolah. Rajin-rajinlah belajar. Kalian generasi masa depan harapan bangsa,” Varial berpesan kepada para siswa penerima beasiswa.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur Junaidi Rahmat, program beasiswa ini lebih banyak diberikan untuk anak dari keluarga tidak mampu.

Jihan Ananda, siswi SD Negeri 113 Pandan Jaya dan salah seorang penerima beasiswa, mengungkapkan perasaannya setelah menerima bantuan. “Rasanya senang mendapat beasiswa. Uangnya akan digunakan untuk membeli keperluan sekolah,” katanya.

Beasiswa ini disalurkan langsung kepada para penerima melalui rekening tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Bank Jambi.

Sebagai perusahaan hulu minyak dan gas yang beroperasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat, PetroChina merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia.

PetroChina adalah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan operator Blok Jabung di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dalam mengelola Blok Jabung, PetroChina bermitra dengan Pertamina dan Petronas Carigali. Selain menjadi operator Blok Jabung, PetroChina juga menjadi operator Blok Bangko di Jambi.

Di tengah pandemi Covid-19, PetroChina tetap beroperasi penuh demi memastikan tercapaianya produksi migas dan mendukung terjaminnya pasokan energi nasional. Fasilitas produksi SKK Migas – PetroChina tercatat sebagai obyek vital nasional yang dioperasikan dengan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

SKK Migas – PetroChina juga aktif bekerja bersama pemerintah daerah dan instansi kesehatan terkait dalam berbagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di Jambi. 

Penulis: Istimewa