Minggu, 11 April 2021

Kapolres Muaro Jambi Pimpin Rakor Konflik Lahan Obyek Tol Desa Tarikan Kumpe Ulu

Kamis, 04 Maret 2021 - 17:53:23

 

MUAROJAMBI - Demi mencari penyelesaian terkait konflik lahan antara warga Tarikan dan Perusahaan KKL yang dilaksanakan di Aula Polres Muaro Jambi tak membuahkan hasil.
 
Sebab masyarakat maupun perwakilan nya tidak hadir, mediasi yang tetap berlangsung walau sepihak hadir dari Perusahaan 
04/03 pukul 09.00 wib 
 
Rapat yang direncanakan bisa ada titik temu dengan akan mediasi belum bisa terealisasi dengan baik, dikarenakan pihak warga tidak hadir pada rakor dan mediasi ini, sengketa yang masih berlangsung
 
Rakor ini dipimpin langsung oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto SIK MH didampingi Dandim 0415/BTH Kol INF. J Hadianto SIP, Kajari Muaro Jambi Ibu Meilinda.
 
Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto SIK MH menyampaikan, kegiatan ini tidak lain mengatasi potensi konflik sosial terkait permasalahan lahan tanah obyek Lander from (Tol) antara PT Kumpeh Karya Lestari dengan Kelompok Tani Perahu Gading Desa Tarikan Kumpe Ulu Kabupaten Muaro Jambi .
 
"Kita mencari solusi baik terkait konflik sosial, adanya permasalahan mal administrasi sedang proses hukum yang belum incrah dan sedang berlangsung," katanya. 
 
Dikatakan Kapolres, Polri khususnya Polres Muaro Jambi tetap berupaya menciptakan  situasi Kamtibmas, dan meminta penanganan konflik dari pihak kabupaten Muaro Jambi secara serius, sesuai UU no 7 tahun 2012 tentang  penanganan konflik sosial, maka kita berharap bisa mengatasi bersama masalah ini," ujarnya.
 
Kapolres Muaro Jambi juga menghimbau untuk tidak menduduki lahan tersebut, sebelum ada keputusan pengadilan. 
 
Kapolres juga meminta dilakukan pembatasan daerah yang konflik, serta menindak lanjuti kedepannya agar tidak terjadi konflik dan mestinya bisa dihadirkan warga dan pakar hukum agar bertemu titik penyelesaian.
 
Hal ini diprediksi akan terjadi bentrok dilokasi antara masyarakat dan pihak perusahaan di Desa Sakean jika tidak cepat diselesaikan  yang berlangsung sejak April 2020  
 
"Kedua belah pihak agar mengikuti aturan yang berlaku, dengan tidak melakukan aktifitas lahan sengketa mencegah terjadinya konflik meminta kepastian hukum atas lahan tersebut. Patroli dialogis dilakukan Polres Muaro Jambi rukun ciptakan situasi Kamtibmas," ungkap Kapolres. 
 
 
Penulis: Sutan Muda Daulay
Editor: Riyan