Sabtu, 10 April 2021

Sinergi Mulitpihak PT IIS Kolaborasi Cegah Karhutla di Maro Sebo Ilir

Selasa, 30 Maret 2021 - 15:13:30
Sosialiasi pencegahan dan penaganan Karhutla PT IIS dan Stakeholder Kecamatan Maro Sebo Ilir. Kamis 25 Maret 2021

Sosialiasi pencegahan dan penaganan Karhutla PT IIS dan Stakeholder Kecamatan Maro Sebo Ilir. Kamis 25 Maret 2021

MUARABULIAN  -  PT Inti Indoswait Subur (IIS) Asian Agri Group  secara aktif mengambil berbagai langkah preventif untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di tahun 2021 ini. Strateginya membangun koordinasi bersama masyarakat desa sekitar dan aparat berwenang. Untuk itu, program Masyarakat Peduli Api (MPA) mulai diaktifkan dengan antisipasi dini di sekitar area operasional perkebunan.

Inti Indosawit Subur (IIS) yang beroperasi di Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batanghari melaksanakan kegiatan Pelatihan Basic Fire kepada Para Petani Plasma dan Swadaya. Ada sebanyak 60 orang yang bekerjasama dalam pencegahan Karhutla dilingkungan perkebunan sekitar perusahaan Indosawit subur Group Asian Agri ini.

Pihak yang terlibat mulai dari Pemerintah Kecamatan Maro Sebo Ilir, Polsek Maro Sebo Ilir , Koramil 415-04, POKDARKAMITIBMAS dan Team Damkar Kecamatan Maro Sebo Ilir. Sinergi multipihak ini di resmikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT. Inti Indosawit Subur dengan Kelompok Tani Peduli Api se Kecamatan Maro Sebo Ilir yang diwakil oleh masing-masing utusan desa pada Kamis (25/03/2021) lalu.

Bertempat di lapangan Bola Perusahaan, Imam Setiyadi selaku Senior Manager PT. Inti Indosawit Subur (IIS) dalam sambutannya menyampaikan bahwa perusahaan telah memiliki Tim Damkar, dan  akan tetap mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di sekitar perusahaan dengan berkoordinasi kepada semua stakeholder termasuk Kelompok Tani Peduli Api.

“ Disini Sinergi Mulitipihak terlibat untuk pencegahan dan penanganan  kebakaran hutan dan lahan warga dilingkungan perusahaan, semoga kolaborasi ini bermamfaat baik untuk kita bersama,” ujar Imam Setiyadi.

Ditempat yang sama, Camat Maro Sebo Ilir Sanusi S.Ag memberikan apresiasi kepada perusahaan yang mendukung program pemerintah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat  dalam mendeteksi dini upaya pencegahan dan percepatan informasi klarhutla melalui Kelompok Tani Peduli Api secara sukarela.

“ Saya berharap kepada perangkat desa yang hadir untuk menyiapkan lumbung-lumbung air beserta akses jalan sebagai sumber suplay air saat terjadi kebakaran di musim kemarau. Ucapan terima kasih ditujukan kepada pemerintah kabupaten Batang Hari yang telah memberikan satu unit mobil damkar ke kecamatan Maro Sebo Ilir. Selain itu, kepada PT IIS agar dapat menyiapkan mobil doubel gardan mengingat jarak tempuh yang jauh, kondisi jalan tanah dan topografi berbukit dapat bersinergi dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya.

Kapolsek Maro Sebo Ilir, Iptu Amran dalam menghadiri sosialiasi itu  sangat mendukung kegiatan tindaklanjut sosialisasi sebelumnya di Polres Batanghari.  Mapolsek Maro Sebo Ilir juga sudah menjadi Posko Karhutla Maro Sebo Ilir selama ini.

Hal senada disampaikan, Danramil 415-04 yang diwakili oleh Babinsa Serka Nafakir bahwa TNI mendukung acara sosialisasi Karhutla dan dibantu adanya Aplikasi Asap Digital untuk percepatan informasi deteksi dini, disamping himbauan langsung kepada masyarakat untuk tidak membakar dalam membuka lahan dengan cara membakar.

Dalam Kegiatan PT IIS dengan multipihak itu diisi juga oleh penyampaian materi dan simulasi penanganan kebakaran oleh Manager Free Fire Village Asian Agri, Hafiz dengan  menitikberatkan bahwa api terbentuk karena adanya reaksi berantai antara bahan bakar, oksigen dan sumber panas, maka untuk penanganannya dengan cara memutuskan salah satu rantai reaksi pada elemen tersebut. Diharapkan dengan pelatihan ini para pihak dapat bekerjasama dalam hal pemadaman awal, pemadaman lanjutan dan monitoring areal bekas kebakaran, sehingga kejadian serupa tidak terjadi kembali.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: CH/EL
Sumber: www.batangharinews.com