Sabtu, 10 April 2021

Pemkab Tanjabtim Serahkan Beras Cadangan Pangan

Kamis, 01 April 2021 - 10:56:29
Istimewa

Istimewa

 

MUARA SABAK – Bertempat di Aula Kantor Camat Berbak, Sekda Tanjab Timur Sapril, S.IP menyerahkan bantuan sebanyak 17 ton lebih beras cadangan pangan, kemarin (31/3/21). Bantuan ini tak lain guna mengurangi kerugian yang dialami petani, yang mengalami gagal panen akibat lahan pertanian terendam banjir pada Januari lalu.
 
17 ton lebih bantuan beras cadangan pangan tersebut, diperuntukan untuk petani di dua kecamatan, yakni Kecamatan Berbak dan Muara Sabak Barat. Dimana Kecamatan Berbak merupakan kecamatan yang mengalami puso terparah. Dari luas lahan pertanian sekitar 2800 hektar, 842,5 hektar diantaranya mengalami gagal panen alias puso.
 
Meski ribuan hektar lahan pertanian di Kabupaten Tanjab Timur mengalami gagal panen namun hasil panen padi dan cadangan pangan yang dimiliki Kabupaten Tanjab Timur masih terbilang cukup. Bahkan saat ini Kabupaten Tanjab Timur masih memiliki cadangan 8 ribu ton gabah kering, yang merupakan sisa hasil panen pada 2019 lalu. 
 
Selain petani di Kecamatan Berbak dan Muara Sabak Barat, petani di tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Rantau Rasau, Muara Sabak Timur, Dendang, juga mendapatkan bantuan beras cadangan pangan. Petani di tiga kecamatan ini mendapatkan bantuan beras cadangan dari Pemprov Jambi dengan total bantuan sebanyak 5 ton beras.
 
Setelah menyerahkan bantuan beras kepada para petani yang terdampak puso, Sekda yang didampingi OPD terkait juga menampung aspirasi dan keluhan para petani. Dengan harapan dapat meningkatkan produktifitas lahan pertanian, sehingga hasil pertanian di Tanjab Timur kedepannya lebih meningkat.
 
“Sebagian besar para petani mengeluhkan prasarana pertanian, hingga akses jalan yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pertanian itu sendiri. Terkait hal ini, Pemkab akan mencoba melakukan yang terbaik tentunya dengan mengingat kemampuan keuangan daerah,” tutupnya.
Penulis: Istimewa