Selasa, 19 Maret 2024

Kapolres Merangin Silaturahmi dengan Kepala KUA dan Penyuluh Mubaliq

Jumat, 09 April 2021 - 21:29:36

 

MERANGIN - Kapolres Merangin AKBP  Irwan Andy Purnamwan, Jumat (9/4/2021) pagi di Aula Wira Satya telah dilaksanakan silaturahmi dengan seluruh Kepala Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan Penyuluh Mubaliq di Polres Merangin.

Kegiatan silaturahmi ini selain dihadiri Kapolres Merangin juga dihadiri Kakan Kakemenag yang diwakili Kabid Binmas Islam Kemenag Merangin, H. Burhani, S.Ag dan Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Fungsional Agama Islam  Husni Mubaroq S.Ag serta.

Selain itu tampak hadir  Kasat Bibmas AKP Nursan Subagiyo dan Kanit II Sat Intelkam IPDA Agung Heru W S.Sy .

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendekatkan diri Polres Merangin dengan Kepala KUA sebagai mitra Polri yang langsung terjun ke Masyarakat.

Kapolres berharap peran aktif Kepala KUA  untuk menyampaikan kepada penceramah yang ada diwilayahnya agar dalam tauziah memberikan suasana yang aman dan sejuk, mematuhi Prokes, menangkal radikalisme dan terorisme.

“Menjelang bulan Ramadhan, diharapkan kepada kepala KUA untuk menghimbau kepada pengurus Masjid guna mematuhi Prokes dalam mencegah penyebaran covid 19. Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi, pihak Polres Merangin akan memfasilitasi pegawai KUA dan Kemenag yang belum melaksanakan vaksinasi untuk dilakukan,” kata Kapolres Merangin.

Sementara itu, Kasi Binmas Islam H. Burhani S.Ag dalam silaturahmi itu menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kapolres Merangin terjadinya silaturahni dan sinergitas dengan  KUA dan Penyuluh serta dai Kabupaten Merangin. “Yang hadir saat ini  Kepala KUA Kecamatan yang banyak tugas berhubungan dengan masyarakat selain itu yang hadir juga para Dai dari penyuluh Fungsional PNS, sedangkan di lapangan Kemenag  juga punya penyuluh non PNS," kata Burhani.

Selain itu menurut Burhani, Penyuluh agama Kabupaten  Merangin memiliki spesialisasi bidang masing masing, sperti Narkoba, Buta Aksara dan lain lain. “Memang perlu kegiatan silaturahmi dalam menjaga isu isu kebangsaan dan menggaungkan isu isu Islam moderat. Isu agama memang sensitif, sehingga perlu keseriusan bersama sehingga Indonesia dapat menjadi rujukan dari Dunia terkait keberagaaman dan keamanan kehidupan beragama," terang Burhani.

Terkait dengan isu beragama, menurut Burhani Kemenag Merangin serius dalam memonitor perkembangan situasi di tengah masyarakat terutama yang Radikal dan pemahaman yang menyimpang. “Kami fokus bagaimana menyampaikan kemajemukan indonesia kepada masyarakat, menolak upaya seseorang merubah sesuaitu dengan kekerasan. Saya berharap ada sinergitas bapak penyuluh dengan Bhabinkamtibmas dalam memberikan himbauan dilapangan,” tandas Burhani.

Husni Mubaroq selaku Ketua Forum Penyuluh agama memberikan apresiasi kepada Polres Merangin yang telah menyelenggarakan kegiatan Ini. “Mohon kerjasama dengan Polres dalam kegiatan penyuluhan terhadap masyarakat selain itu kami penyuluh juga butuh bimbingan dari Polres terkait hukum,” ucap Husni Mubaroq.
 
Penulis: Sutan Muda Daulay
Editor: Riyan