Minggu, 17 Oktober 2021

Wabup Bakhtiar Sebut Sektor Pertanian jadi Prioritas

Selasa, 28 September 2021 - 15:35:26

 

BATANGHARI -  Wakil Bupati Batanghari, H. Bakhtiar, SP menghadiri acara panen padi perdana komunitas padi Sekolah Lapangan Iklim Oprasional (SLIO) di desa Danau Embat, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Senin, (27/09/2021).

Wabup Batanghari, H. Bakhtiar, SP dalam kesempatan itu mengatakan, semenjak adanya pemantauan iklim melalui pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), para petani khususnya di Kabupaten Batanghari sudah mendapatkan bantuan untuk mengetahui atau menentukan kapan waktu yang baik dalam melaksanakan kegiatan tanam padi.

Dimana zaman dulu seorang petani ingin melakukan kegiatan tanam padi mereka harus melihat bintang di langit, tapi sekarang dengan adanya bantuan BMKG. Para petani sudah bisa menentukan atau memprediksi waktu yang bagus atau baik untuk melaksanakan kegiatan tanam,” ujar Bakhtiar.

Menurut Bakhtiar, pemerintah Kabupaten Batanghari sudah merencanankan akan memprioritaskan sektor pertanian lebih baik lagi sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati.

“Kami sudah berusaha bersama-sama akan melakukan pembukaan lahan baru atau meningkatkan indeks tanaman di Kabupaten Batanghari. Dimana yang biasanya para petani menghasilkan sekali tanam dan sekali panen, maka kedepan kita akan usahakan para petani akan menjadi sebanyak dua kali tanam dan dua kali panen dalam satu tahunnya,” katanya.

Diakui Bakhtiar, menyikapi keluhan para petani dalam permasalahan akses jalan usaha tani, Pemkab Batanghari akan berusaha meningkatkan pembangunan khusus jalan usaha tadi di setiap Desa dalam Kabupaten Batanghari.

Upaya kita menjadikan sektor pertanian sebagai sektor utama ekonomi di Kabupaten Batanghari akan didukung dengan beberapa program dan kegiatan, antara lain peningkatan SDM petani melalui pelatihan dan magang, pemberian bibit unggul, pendampingan usaha, pembangunan infrastruktur berupa saluran irigasi, jalan produksi dan jalan usaha tani dan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan para pihak (Stakeholder). Seperti dengan para pihak stasiun klimatologi yang merupakan (BMKG),” katanya.

“Pemkab akan berusaha mengembangkan pembangunan jalan usaha tani pada setiap sektor pertanian, dengan tujuan supaya kedepan pata petani bisa dengan gampang menuju akses panennya,” ujarnya.

Bakhtiar berharap, jika saat ini dan sebelumnya para petani padi hanya menghasilkan hasil panen padinya untuk kebutuhan pribadi, maka untuk kedepan pihak Pemkab ingin para petani juga menjadi pengusaha padi sukses dari hasil panennya.

“Kalu dulu hasil panen padi yang didapatkan petani saat panen hanya untuk kebutuhan bahan rumah tangga, kedepan kalau bisa harapan saya hasil tani juga bisa digunakan oleh petani untuk bahan penjualan sebagai pendapatkan ekonomi petani,” harap Wabup.

Penulis: Istimewa
Editor: Riyan