Rabu, 1 Mei 2024

Bupati Minta Beli Beras Lokal Merangin

Senin, 28 Januari 2019 - 14:32:23

MERANGIN - Program cetak sawah di Kabupaten Merangin mulai membuahkan hasil, ditandai dengan dilaunchingnya beras lokal hasil dari petani dihalaman Kantor Bupati Merangin, Jumat (25/1) pagi.

Beras lokal Merangin yang diluncurkan berasal dari petanian di beberapa Kecamatan dengan berbagai merek.  Diantaranya dari desa Seling, Kecamatan Tabir dengan merek ‘Jam Gento’, dari desa Tambang Emas Kecamatan, Pemenang merek ‘Cap Padi’ dan dari desa di Kecamatan Pangkalan Jambi merek ‘Gunung Batuah’ juga  beras produksi dari para petani dari sejumlah kecamatan lainnya.
 
Harga yang ditawarkan untuk 1 Kg sekitar Rp 11.500 dan apabila beli dalam kemasan 10 Kg dari berbagai merek seharga Rp 115 Ribu.
Beras lokal dilaunching Bupati Jumat kemarin, baru sekitar 6  ton yang dijual pada acara tersebut. Adapun luas tanah untuk cetah sawah seluas 11.300 H sedangkan yang sudah digarap seluas 2.000 H dengan hasil panen tahap awal sebanyak 15 ribu ton.
 
Bupati Merangin  Al Haris dalam acara Lounching ‘Beli Beras Lokal Merangin’ mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat, untuk beramai-ramai membeli beras lokal produksi para petani Kabupaten Merangin.
 
“Kita harapkan seluruh ASN, anggota TNI dan Kepolisian serta instansi lainnya bersama masyarakat Merangin nanti wajib mengganti berasnya dengan beras lokal Merangin, karena beras kita sudah sangat banyak,” ujar Bupati.
 
Al Haris mengingatkan dengan membeli beras lokal kita membantu meningkatkan perekonomian para petani, sehingga produksi padi Merangin terus meningkat dari tahun ketahunnya. “Kita tidak hanya swasembada beras tapi juga pemasok beras, “ ucap Haris.
 
Bupati berharap jangan sampai ratusan hektar sawah baru yang telah dicetak dan digarap para petani, bisa alih fungsi menjadi lahan tanaman lain, gara-gara masyarakat dan para ASN enggan membeli beras lokal Merangin.
 
Seusai acara Bupati beserta Kepala OPD dan para ASN langsung membeli beras yang sudah disiapkan oleh para petani. 
 
“Sekarang ini stok beras lokal Merangin sudah sangat banyak dan telah mampu memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Merangin. Bantu para petani kita dengan mengkonsumsi beras lokal Merangin,” tandas Bupati.

 

Penulis: Doni Sobri
Editor: Chairudin