Selasa, 30 April 2024

Ini Penyebab Alsintan Belum Diserahkan Kepada Kelompok Tani

Senin, 06 Mei 2019 - 14:10:31
Ilustrasi..

Ilustrasi..

MUARABULIAN – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) kabupaten Batanghari, hingga kini belum menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa 50 unit Power Thresher kepada kelompok tani (poktan).

Penyebabnya bukan disengaja, tetapi saat ini DTPH masih menunggu SK Bupati tentang devenitif kelompok tani penerima bantuan hibah Alsintan APBD kabupaten Batanghari tahun 2019.

“ Bantuan alsintan tidak langsung disalurkan ke poktan, karena kita masih menunggu SK Bupati tentang devenitif kelompok tani penerima hibah Alsintan,” terang Kabid Sarpras pada DTPH Batanghari, Ir Darwin Nasution di Muarabulian, Kamis (2/5/2019).

Diakuinya, setelah SK tersebut sudah keluar, selanjutnya pihak DTPH Batanghari akan membuat nota perjanjian hibah daerah (NPHD). Jika NPHD tersebut selesai, akan dilanjutkan proses penyerahan alat kepada kelompok tani penerima.

“ Setelah SK nya keluar, baru kita buat NPHD nya. Kemudian baru proses penyerahan alat,” katanya.

Dalam penyaluran alsintan, dijelaskannya, nantinya setiap alat akan di buat nomor dan nama kelompok tani penerima.

“ Itu gunanaya agar pada saat penyerahan nanti, kelompok tani sudah tau yang maan alat untuk mereka bawa,” katanya menjelaskan.

“ Nanti petani langsung ambil alatnya di dinas,” tambahnya.

Diketahui 50 unit Power Thresher tersebut akan dibagikan kepada kelompok tani yang ada di 7 kecamatan dalam kabupaten Batanghari, terkecuali kecamatan Bajubang. Power tresher sendiri merupakan mesin perontok padi.

Dengan mesin tersebut petani tak perlu lagi menggunakan cara tradisonal dengan cara 'menggebuk' padi untuk merontoknya.(mon)

 

 

Penulis: Mon
Editor: Riyan