Jumat, 26 April 2024

Mursyid Ingatkan Wartawan Terapkan 5W 1H dalam Penulisan Berita

Selasa, 14 Juni 2022 - 17:52:50

 

MUARABULIAN - Aliansi Jurnalis Batanghari (AJB) pada Selasa (14/6/2022) melaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Jurnalis dengan tema "Peran Pewarta Sebagai Agen Pembaharu".
 
Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang pola kecil Kantor Bupati Batanghari.
 
Dalam kegiatan Workshop tersebut AJB menghadirkan Narasumber dari Provinsi Jambi, yakni Ketua Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi, Mursyid Sonsang dan Pimpinan media Cetak Harian Metro Jambi, Joni Rizal.
 
Dalam materinya Mursyid Sonsang mengingatkan Wartawan yang tergabung dalam AJB khususnya untuk dapat menerapkan 5W 1H dalam penulisan karya jurnalistik yang disampaikan.

 

Menurutnya, setiap berita harus memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada para pembaca. Salah satu caranya dengan memenuhi unsur 5W 1H.

Dengan cara ini, setiap informasi yang didapatkan akan menjadi lebih kaya dan mendalam.

5W 1H adalah sebuah metode yang dilakukan guna mendapatkan informasi secara lebih kaya dan mendalam. Caranya dengan memenuhi atau menanyakan setiap unsur dari 5W 1H tersebut kepada narasumber.

"5W 1H itu adalah, Apa yang terjadi?, Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?, Mengapa hal itu bisa terjadi?, Kapan peristiwa itu terjadi?, Di mana peristiwa itu terjadi? dan Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Dengan memenuhi semua unsur 5W 1H, pokok informasi dalam penulisan berita akan jauh lebih lengkap," terang Mursyid Sonsang mantan Ketua PWI Provinsi Jambi periode 2007 sampai 2017 kepada Anggota Aliansi Jurnalis Batanghari.

Selain itu, beliau juga mengimbau agar wartawan dapat menyadari etika dan hukum kepekaan jurnalistik jejaring sosial. Kemudian pengetahuan umum, teori, prinsip jurnalistik dan pengetahuan umum. Selanjutnya keterampilan peliputan, investigasi, penggunaan alat dan teknologi informasi dan Analisasi/arah pemberitaan," jelas Mursyid.

Mursyid juga bilang, Wartawan juga harus memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ), etika dalam peliputan, etika dalam berpakaian dan lainnya.

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan