Kamis, 20 Juni 2024

Dugaan Pungli Tes PPG di MAN 1 Sungai Penuh, Tak Tanggung - tanggung 100 Ribu Perorang

Rabu, 03 Mei 2023 - 13:32:22

 

SUNGAIPENUH - Dugaan Pungli terjadi dilingkup Kementerian Agama Kota Sungai Penuh. Kali ini, dugaan pungli pada saat pelaksanaan tes Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan di MAN 1 Kota Sungai Penuh, Pada hari Sabtu dan Minggu (26/03/2022) Bulan lalu.
 
Informasi yang berhasil diperoleh, bahwa setiap Guru yang ikut dalam tes PPG tersebut dipungut biaya, dengan alasan untuk biaya paket internet, dan biaya lainnya. Sementara dilapangan, seluruh peserta hanya menggunakan paket masing-masing.
 
"Kami mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan di MAN 1 Sungai Penuh dengan jumlah guru yang ikut lebih kurang sebanyak 180 orang peserta, Kami dipungut biaya 100 ribu perorang dan kami tidak tahu untuk keperluan apa?," ujar salah seorang peserta yang ikut tes.
 
Sementara itu di hari yang sama pada waktu itu juga dilaksanakan tes PPG di MTS Kemantan Kabupaten Kerinci dan Nurul Haq juga di lakukan PPG. Tapi tidak ada dipungut biaya sama sekali. "Jika dihitung angkanya mencapai Belasan Juta, setelah ujian hanya dikembalikan 36 Ribu Perorang. Jika untuk uang kebersihan, juga tidak mencapai Ratusan Juta," bebernya.
 
Hal ini juga mendapat perhatian khusus dari Ketua LSM Reaksi Kerinci Sungai Penuh, Yudi. Dikatakannya bahwa, atas dasar apa mereka memungutkan biaya tersebut, Apakah ada aturannya? kalau tidak ada aturan yang menjelaskan ada pungutan, kenapa di pinta.
 
"Biasanya kalau kegiatan tersebut, sudah ada anggarannya dari Kanwil atau Kemenag. Kalau tidak ada anggaran, jangan juga dipungut terlalu banyak. Sementara kegiatan yang sama disekolah lain tidak dipungut biaya," tegasnya.
 
Sementara itu, Kakan Kemenag Sungai Penuh, Hardiman, ketika dimintai tanggapan terkait hal tersebut mengatakan bahwa pungutan tersebut hanya dikelola oleh peserta sendiri bukan dari kantor. Meskipun buktinya dilapangan, pungutan dikelola oleh panitia pelaksana.
 
"Untuk keterangan, bukan oleh pihak kantor, tapi oleh peserta sendiri mereka kelola sendiri dan sisa mereka kembalikan sendiri. Untuk jelas, silakan kontak kasi Pendis," ujar Hardiman.
 
Terpisah Kasi Pendis Kemenag Sungai Penuh, Padri, dikonfirmasi terkait hal tersebut lebih mengarahkan agar menghubungi panitia pelaksana langsung. "Barusan sudah dipanggil ketua yang dibentuk oleh peserta saudara Riko. Untuk lebih jelasnya Aku suruh hubungi kayo (Media, red)," ucapnya.
Penulis: Gusnadi
Editor: Riyan