Jumat, 22 September 2023

Wabup Merangin Lepas Pawai Hari Anak Nasional ke-39

Kamis, 14 September 2023 - 16:26:01

 

MERANGIN - Bina mental anak dari usia dini dengan sering mengikutkan anak pada berbagai event lomba dan sering menghadapi berbagai keramaian, termasuk mengikutkan pada pawai Hari Anak Nasional ke-39.
Hal tersebut ditegaskan, Wabup Merangin Nilwan Yahya usai melepas meriahnya pelaksanaan pawai Hari Anak tingkat Kabupaten Merangin, di jalur dua depan kantor lama bupati Merangin, Kamis (14/9/23).
‘’Anak-anak merupakan regenarasi penerus bangsa. Maju atau mundurnya Kabupaten Merangin kedepan umumnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tergantung dari generasi mudanya,’’ ujar Wabup.
Melalui pawai Hari Anak lanjut wabup, anak-anak menjadi tahu cara bersikap terhadap lingkungannya. Anak-anak jadi tahu bagaimana menghadapi kerumunan masa yang menyaksikannya.
‘’Pawai Hari Anak ini membuat mental anak jadi teruji, bagaimana anak-anak menghadapi guru-gurunya, menghadapi kerumunan massa, sehingga  dengan mental yang teruji itu anak akan tumbuh menjadi anak yang intelektual," terang Wabup.
Pelaksanaan pawai Hari Anak ke-39 yang diikuti sebanyak 570 orang anak dari sejumlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Bangko dan sekitarnya itu terang wabup, bukan acara seremonial belaka, tapi lebih kepada pembinaan mental anak.
Sementara itu menurut Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dikbud Merangin Rika Elyuma, selain anak PAUD pawai Hari Anak itu juga diikuti anak-anak dari sejumlah Taman Kanak-kanak di Kecamatan Bangko dan sekitarnya.
‘’Kalau jumlah total keseluruhan mencapai 1.500 orang anak yang mengikuti pawai Hari Anak ini. Anak-anak dengan berbagai ragam busana ini, sangat senang dan bergembira sekali mengikuti acara tersebut,’’ ujar Rika Elyuma.
Sebelumnya jelas Rika, pada Rabu (13/9/23) telah dilakukan berbagai lomba memperingati Hari Anak Nasional ke-39, diantaranya lomba fashion show, lomba hafalan ayat-ayat pendek, lomba membindahkan bendera dan lomba memindahkan bola.
‘’Pawai Hari Anak Nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dan kemandirian anak, sehingga anak akan tumbuh dengan sehat, anak sehat Indonesia maju,’’ tegas Rika Elyuma.

 

 
Penulis: Doni Sobri
Editor: Riyan